SOLOPOS.COM - Ketua Umum PAN periode 2020-2025 Zulkifli Hasan (kedua kanan). (Antara/Jojon)

Solopos.com, JAKARTA - Amien Rais tak lagi menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN). Hal itu diungkapkan oleh Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, usai bertemu Ketum NasDem Surya Paloh di kantor DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Selasa (10/3/2020).

Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan, membeberkan pengisian jabatan kepengurusan PAN periode 2020-2025 dalam kesempatan itu. Ketua Dewan Kehormatan PAN yang sebelumnya dijabat Amien Rais kini dijabat oleh Soetrisno Bachir.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

"Dewan Kehormatan Mas Tris (Soetrisno)," kata Zulhas seperti dilansir detik.com.

KBIHU Mandiri Kerja Sama dengan RSI Yarsis Pantau Kesehatan Calhaj

Tak cuma itu, Zulhas juga mengungkap sejumlah jabatan lainnya. "Sekjen Pak Eddy Soeparno, Ketua Bapilu [Badan Pemenangan Pemilu] ini [sambil menunjuk Yandri Susanto]," ungkapnya.

Selain itu, Hatta Rajasa diberi amanah untuk menjabat sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP). Lantas, posisi apa yang akan ditempati Amien Rais? "Pak Amien selalu spesial di PAN, ya," kata Zulhas Zulhas menjawab pertanyaan apakah akan memberikan jabatan khusus untuk Amien Rais.

Komplotan Pencuri Mobil Sragen Tertangkap Setelah Diberondong 6 Peluru

Zulhas mengklaim tidak ada lagi kubu-kubu di internal PAN. Wakil Ketua MPR RI itu mengaku telah bertemu dengan kubu Mulfachri Harahap yang didukung oleh Ketua Dewan Kehormatan PAN sebelumnya, Amien Rais. "Insyaallah aman, sudah ketemu [kubu Mulfachri]," sebut Zulhas.

Kongres PAN

Sebelumnya, Zulkifli Hasan ditetapkan sebagai Ketua Umum PAN setelah unggul dalam pemungutan suara pada Kongres V PAN yang digelar di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2/2020) malam.

Zulkifli Hasan mengantongi 332 suara. Perolehan suara tersebut jauh mengungguli calon ketua umum PAN lainnya, yakni Mulfachri Harahap, yang mendapatkan 225 suara, dan Drajat Wibowo 6 suara. Mulfachri Harahap sendiri merupakan calon yang didukung Amien Rais.

Taktik Persis Solo: 4-3-3 Pilihan Utama, 3-5-2 Jadi Alternatif

Ketua Panitia Pengarah (SC) Kongres Ke-5 PAN Eddy Soeparno mengatakan proses pemilihan ketua umum PAN periode 2020-2025 dipercepat karena terjadi kericuhan yang berujung bentrokan fisik.

Eddy juga menjelaskan diperkirakan sebelum maghrib proses pemilihan telah selesai, sehingga Rabu (12/2/2020) hanya melakukan pembahasan-pembahasan di komisi-komisi tentang AD/ART, program-program kerja, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya