[ X ] CLOSE

AMBULANS UZUR: Jadi Bahan Ejeken, RSUD Banyudono Harapkan Ambulans Baru

AMBULANS UZUR: Jadi Bahan Ejeken, RSUD Banyudono Harapkan Ambulans Baru
SOLOPOS.COM - Kondisi ambulans RSU Banyudono (Septhia Ryanthie/JIBI/SOLOPOS)

Kondisi ambulans RSU Banyudono (Septhia Ryanthie/JIBI/SOLOPOS)

BOYOLALI–Satu unit mobil ambulans milik RSUD Banyudono dinilai sudah tidak layak untuk pelayanan pasien rumah sakit tersebut. Pihak RSUD berharap bisa dilakukan pengadaan mobil ambulans baru.

Menurut pengamatan, mobil ambulans  yang dioperasionalkan di RSUD Banyudono kondisinya sudah tua. Mobil keluaran tahun 2003 tersebut selain masih menggunakan peralatan manual, tidak dilengkapi dengan air conditioner (AC). Dragbar, atau alat pengangkut pasien, yang ada di dalam mobil pun harus diangkat secara manual, bukan dengan dragbar beroda.

Kepala Tata Usaha (TU) RSUD Banyudono, Sri Rejeki, mengakui rumah sakit hanya memiliki satu unit mobil ambulans tersebut.

”Idealnya dua unit. Kami sudah sering mengajukan usulan untuk pengadaan mobil ambulans baru, tapi belum terealisasi,” ujar Sri kepada wartawan, Selasa (11/9/2012).

Dengan kondisi mobil ambulans yang sudah uzur tersebut, Sri mengakui tak jarang petugas RSUD Banyudono diolok-olok saat merujuk pasien ke rumah sakit lain. Padahal untuk mobil ambulans model terbaru, sudah dilengkapi dengan peralatan modern yang bisa sekaligus memberikan penanganan terhadap pasien saat diangkut di dalamnya.

”Kalau pakai ambulans lama ini ya sering dipoyoki, karena dragbarnya masih harus diangkat manual depan-belakang,” tuturnya.

Mengingat kebutuhan untuk pelayanan pasien rumah sakit cukup tinggi, Sri mengatakan pihaknya sering harus meminjam atau menyewa mobil ambulans dari pihak lain.

”Ya biayanya ditanggung oleh pasien,” imbuh dia.

Terkait persoalan itu, pihak rumah sakit berharap ada alokasi anggaran dari APBD untuk pengadaan mobil ambulans oleh Pemkab Boyolali.

Ditemui terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Boyolali, S Paryanto menyatakan dukungannya terhadap rencana pengadaan mobil ambulans baru untuk RSUD tersebut. Namun pihaknya menunggu adanya pengajuan pengadaan.

“Kalau dari DPRD tentunya mendukung pengadaannya [ambulans] karena ini demi pelayanan masyarakat. Ya tinggal diusulkan saja,” kata Paryanto.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago