SOLOPOS.COM - Ilustrasi kecelakaan (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, PATI — Mobil ambulans yang terlibat kecelakaan dengan truk tangki pengangkut air di perempatan Bleber, Jalan Diponegoro, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, rupanya membawa jenazah pasien Covid-19. Hal itu diungkapkan Ketua Tim Penanganan Covid-19 RSUD Soewondo Pati, dr. Slamet Sutaryo.

Slamet membenarkan jika ambulans yang mengalami kecelakaan itu tengah membawa jenazah mantan anggota DPRD Pati yang juga Kepala Desa Sukolila, Mulyanto, yang merupakan pasien Covid-19. Sebelum meninggal dunia, Mulyanto sempat dirawat di ruang isolasi RSUD RAA Soewondo Pati. Namun, pasien tersebut meninggal dunia pada Sabtu dini hari, sekitar pukul 03.30 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia pun sempat dihubungi perawat rumah sakit tersebut terkait meninggalnya mantan anggota DPRD Pati itu akibat Covid-19. Meski demikian, pihak keluarga enggan pasien tersebut dimakamkan secara protokol Covid-19.

Baca juga: Truk Tangki Tabrak Ambulans Pembawa Jenazah di Pati, 1 Meninggal

“Bahwa ada pasien Covid-19 meninggal, [keluarga] menolak [perawatan] protokol kesehatan,” ujar Slamet, dikutip dari Murianews.com, Sabtu.

Mendengar hal itu, Selamet menjawab tidak apa-apa. Namun, keluarga diminta menandatangani surat penolakan perawatan jenazah pasien yang meninggal tersebut dengan protokol kesehatan. “Tetapi dalam pemulasaran wajib prokes,” kata dia.

Kemudian sekitar jam 04.30 WIB, perawat kembali meneleponnya lagi. Kali ini, keluarga menolak pemulasaran jenazah dengan prokes. Slamet pun kemudian meminta keluarga menandatangani rekam medis dan membawa pulang sendiri jenazah dengan ambulans.

“Lalu kami mendengar kabar ada kecelakaan di perempatan Jalan Dr. Susanto [dan Jalan Diponegoro]. Kemudian ada dua pasien yang ditangani kami,” ungkapnya.

Akibat kecelakaan antara mobil ambulans dan truk tangki itu, satu orang meninggal dunia. Korban meninggal adalah Mursito, yang merupakan adik dari Mulyanto. Selain itu, satu orang yang merupakan anak Mulyanto, Amiruddin, 32, harus dilarikan ke RSUD Soewondo akibat mengalami luka serius.

Baca juga: Kecelakaan karambol di Jalan Kudus-Pati

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, peristiwa kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 06.00 WIB. Awalnya, mobil ambulans yang mengangkut jenazah mantan anggota DPRD Pati itu melaju dari arah utara ke selatan, atau dari RSUD RAA Soewondo Pati.

Sedangkan dari arah berlawanan melaju truk pengangkut air. Setibanya di simpang Bleber, lampu lalu lintas menyala merah. Mobil ambulans sudah menyalakan lampu rotator dan membunyikan sirene menerobos lampu merah.

Diduga tak mengetahui ada ambulans menerobos lampu merah, truk tangki pengangkut air tak menghentikan laju karena lampu lalu lintas dari arahnya menyala hijau. Akibatnya, kecelakaan pun tak bisa dihindarkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya