SOLOPOS.COM - Gianluigi Buffon (JIBI/Reuters/Jean-Paul Pelissier)

Gianluigi Buffon menantikan gelar juara Liga Champions.

Solopos.com, CARDIFF — Rekor baru siap dipecahkan kiper gaek Juventus, Gianluigi Buffon, saat membela timnya melawan Real Madrid pada final Liga Champions di Stadion Millenium, Cardiff, Wales, Minggu (4/6/2017) pukul 01.45 WIB.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Jika Juventus bisa mengalahkan Madrid, Buffon akan memecahkan rekor sebagai pemain tertua yang tampil dan membawa timnya menang di final Liga Champions, yakni di usia 39 tahun 126 hari.  Mantan penjaga gawang Parma tersebut memang sudah cukup lama menantikan trofi Si Kuping Lebar jatuh ke pelukannya.

Hampir semua gelar bergengsi pernah diraih Buffon di level klub dan timnas, termasuk Piala Dunia. Namun, pria yang akan berusia 40 tahun pada Januari tahun depan itu masih dibuat penasaran dengan trofi Liga Champions.

Bersama Juventus, Buffon sudah dua kali menginjakkan kaki di babak final. Final pertamanya, yakni saat melawan AC Milan di Old Trafford, Manchester, pada Mei 2003.  Namun, Buffon tidak beruntung karena timnya kalah dramatis lewat adu penalti.

Dewi Fortuna kembali tak berpihak pada Buffon di final keduanya di Olympiastadion, Berlin, 2015 silam. Bianconeri yang diperkluat Buffon takluk 1-3 dari Barcelona. Legenda Juventus, Allessandro Del Piero, menilai Buffon sudah “dibuat gila” atas penantiannya meraih gelar Liga Champions.

“Jangan tanya saya siapa favorit di final nanti. Kita bicara dua tim hebat, dua juara liga masing-masing dan dua tim terbaik saat ini. Buffon menjadi gila atas penantiannya di Liga Champions. Dia tidak bisa menunggu lebih lama lagi. Dia tidak bisa menunggu untuk mengkat trofi. Dia salah satu protagonis di final, saya yakin,” jelas Del Piero, dalam wawancaranya dengan Marca, seperti dilansir Football-italia.net, Senin (29/5/2017).

Namun Buffon harus menjaga gawangnya baik-baik jika ingin mewujudkan ambisi besar dalam kariernya untuk meraih trofi Liga Champions. Salah satunya dari ancaman bomber Madrid, Cristiano Ronaldo.

Dalam catatan Uefa.com, Buffon dan Ronaldo sudah bertemu dalam empat laga di Liga Champions. Dalam empat pertemuan itu, gawang Buffon selalu kemasukan gol Ronaldo. Masing-masing pada dua laga fase grup 2013/2014 (Real Madrid 2-1 Juventus, Juventus 2-2 Real Madrid) dan  dua laga semifinal 2014/2015 (Juventus 2-1 Real Madrid, Real Madrid 1-1 Juventus).

Namun, ada satu laga di mana Buffon tak kebobolan gol Ronaldo, yakni di level tim nasional. Yakni dalam laga persahabatan Portugal melawan Italia pada Maret 2004.  Italia menang 2-1 dan Ronaldo gagal merobek gawang Buffon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya