SOLOPOS.COM - Kapolres Boyolali, AKBP Asep Mauludin, memberikan penjelasan tentang situasi arus lalu lintas dan pengamanan arus balik Lebaran di Pospam Exit Tol Boyolali, Rabu (4/5/2022). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Polres Boyolali telah bersiap untuk mengamankan arus balik setelah Lebaran 2022. Selain tim dari Operasi Ketupat Candi 2022, akan ditambah lagi personel cadangan dan personel on call.

Hal tersebut dikatakan Kapolres Boyolali, AKBP Asep Mauludin, ketika ditemui Solopos.com di Pospam Exit Tol Boyolali pada Rabu (4/5/2022). “Untuk persiapan arus balik, kami tetap menyiapkan personel yang telah kami siapkan sebelumnya, termasuk personel cadangan. Kami juga masih punya 90 personel siaga on call yang nantikan akan kami turunkan pada saat arus balik,” katanya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Asep mengungkapkan 90 personel on call tersebut akan diterjunkan jika terjadi situasi-situasi yang membutuhkan keterlibatan personel dengan jumlah yang lebih besar. Asep memperkirakan arus balik di Boyolali akan terjadi pada H+5 dan H+6 Lebaran sesuai dengan perkiraan Korlantas Mabes Polri.

Ia mengatakan untuk jalur-jalur yang patut diwaspadai selama arus balik adalah jalur arteri Solo-Semarang sepanjang 25 kilometer dan Tol Boyolali sepanjang 34 kilometer. Sedangkan untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas, Polres Boyolali juga telah menyiapkan tim urai dan melakukan rekayasa lalu lintas.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Boyolali, AKP Abdul Mufid, mengimbau kepada warga masyarakat yang akan menjalani arus balik untuk selalu berhati-hati dan tidak memaksakan diri.

Baca Juga: Lalu Lintas di Boyolali Padat, 20.000 Kendaraan Keluar Exit Tol

“Imbauan kepada masyarakat selama arus balik, bahkan sampai sekarang masih melaksanakan mudik. Jadi mudik dan balik ramai, jika capek silakan istirahat di rest area yang telah disediakan maupun beristirahat di tempat yang aman,” jelasnnya.

Ia juga meminta masyarakat yang hendak balik ke perantauan untuk mengecek kendaraan dan surat-surat kendaraan sebelum kembali. Ia juga meminta untuk mengecek segala kondisi kendaraan seperti tekanan angin pada ban, oli, dan sebagainya sehingga dapat selamat sampai tujuan.

“Untuk kendaraan baik matic dan manual, kondisi ban sangat berpengaruh. Apalagi di wilayah Boyolali, kalau kita menuju ke arah Solo banyak sekali turunan. Pastikan rem dalam kondisi baik, pastikan cara berkendara baik dan benar,” jelasnya.

Baca Juga: Piknik ke Boyolali, Cek Lokasi Wisata yang Wajib Dikunjungi  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya