SOLOPOS.COM - Satgas Covid-19 Kecamatan/ Kabupaten Sukoharjo menertibkan kerumunan massa di kawasan Alun-alun Satya Negara pada Senin (26/4/2021) sore. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 tingkat Kecamatan/Kabupaten Sukoharjo menggelar operasi protokol kesehatan dengan sasaran kawasan Alun-alun Satya Negara pada Senin (26/4/2021).

Sebab menjelang petang, kawasan alun-alun Satya Negara menjadi tempat kerumunan massa. Massa dari yang sekedar ngabuburit hingga berkumpul untuk buka bersama.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Hari ini kami melaksanakan operasi prokes di kawasan Alun-alun menindaklanjuti laporan soal kerumunan di sana," kata Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Sukoharjo Havid Danang P.W. di sela operasi Prokes, Senin sore.

Baca Juga: Pemkot Madiun Jadikan Penjara Angker Tempat Karantina, Menko PMK Bilang Belum Layak

Havid mengatakan dari hasil operasi menemukan banyak kerumunan masyarakat. Terutama mereka yang berbuka bersama dengan menggelar tikar di kawasan Alun-alun Satya Negara Sukoharjo. Petugas langsung menghampiri masyarakat tersebut dan mengimbau untuk menjaga jarak.

Tak hanya kerumuman massa secara lesehan, petugas juga menemukan banyak masyarakat yang sekedar nongkrong mengisi waktu menjelang buka puasa. "Banyak yang ngabuburit di sana. Kita juga imbau mereka untuk mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan tidak melepaskannya serta menjaga jarak," tuturnya.

Bagi warga yang kedapatan tak menggunakan masker, Havid mengatakan petugas langsung memberikan masker. Mereka diingatkan untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Menurut Havid, Pemkab Sukoharjo memberikan kelonggaran bagi pedagang kaki lima (PKL) menggelar dagangan di kawasan Alun-alun.

Protokol Kesehatan

Termasuk kelonggaran bagi warga untuk beraktivitas di kawasan Alun-alun. Namun pemkab tetap mengingatkan pentingnya menjaga protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Corona.

"Kami akan terus melakukan pemantauan di kawasan Alun-alun. Petugas akan patroli di sana sore hari atau menjelang buka puasa hingga malam hari. Pokoknya jangan sampai ada kerumunan dan pelanggaran prokes," katanya.

Diakui Havid, pengunjung kawasan Alun-alun Satya Negara tidak hanya warga Kabupaten Sukoharjo. Namun juga warga Kabupaten Wonogiri, dan Klaten yang ingin menghabiskan waktu berbuka puasa di kawasan Alun-alun.

Baca Juga: Hamas Jogokariyan Jogja Salurkan Bantuan Untuk Keluarga Awak KRI Nanggala-402

Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo mengatakan sejumlah lokasi di Kabupaten Sukoharjo menjadi tempat berkumpulnya massa menjelang buka puasa. Selain Alun-alun Satya Negara juga kawasan Patung Kuda Solo Baru, Kecamatan Grogol. Banyak masyarakat yang ngabuburit untuk buka puasa.

"Kami terus melakukan patroli rutin di sejumlah lokasi berkumpulnya orang banyak. Kami pantau penggunaan masker dan jaga jarak sehingga jangan sampai menjadi klaster penyebaran Corona," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya