SOLOPOS.COM - Alun-Alun Klaten. (youtube)

Solopos.com, KLATEN — Kawasan Alun-alun Klaten dan seluruh lapangan serta taman ditutup selama malam pergantian tahun pada Jumat (31/12/2021) hingga Sabtu (1/1/2021). Operasi yustisi juga bakal digencarkan menjelang malam pergantian tahun.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Ronny Roekmito, mengatakan penutupan selama malam pergantian tahun tak hanya diberlakukan di Alun-alun Klaten. Seluruh taman hingga lapangan di tingkat desa bakal ditutup selama malam pergantian tahun.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Penutupan itu dimaksudkan untuk mencegah kawasan-kawasan tersebut digunakan untuk perayaan malam pergantian tahun serta mengantisipasi persebaran Covid-19. Perayaan malam pergantian tahun di tempat terbuka maupun tertutup dilarang termasuk larangan menggelar pawai dan arak-arakan.

Baca juga: Liburan Sekolah, Siswa di Klaten Diminta Tidak Keluar Kota

Ronny membenarkan penutupan kawasan alun-alun, taman, serta lapangan dilakukan sejak Jumat pagi pada akhir tahun agar petugas tak kecolongan. “Mulai hari ini kami sosialisasikan sampai desa. Tidak hanya alun-alun, taman-taman, dan lapangan semuanya ditutup [saat malam pergantian tahun],” kata Ronny saat ditemui seusai rapat koordinasi di Pendopo Pemkab Klaten, Senin (20/12/2021).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Supriyono, juga menjelaskan sesuai hasil rapat koordinasi di pendopo, alun-alun, lapangan, serta taman ditutup sejak 31 Desember pagi. Penutupan dilakukan dengan memasang barikade.

“Jadi sejak 31 Desember 2021 pagi sampai 1 Januari 2022 atau selama dua hari. Di wilayah kota seperti Alun-alun Klaten, Taman Lampion, serta Taman Gergunung,” jelas dia.

Baca juga: Pemkab Klaten Keluarkan Inbup Nataru 2022, Ini Kegiatan yang Dibatasi

Disinggung penutupan jalan selama malam pergantian tahun, Supriyono menjelaskan penutupan jalan seperti yang sudah diberlakukan selama ini. Sejak Juni 2021, Jl. Veteran dan Jl. Pemuda atau antara persimpangan Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Kecamatan Klaten Utara hingga persimpangan Tegalyoso, Kecamatan Klaten Selatan.

Lampu-Lampu Dimatikan

Selama ini, penutupan ruas jalur tersebut diberlakukan mulai pukul 21.00 WIB hingga 05.00 WIB. “Untuk penutupan arus lalu lintas sama seperti yang selama ini sudah dilakukan. Tetapi mungkin akan diberlakukan lebih awal, setelah Magrib. Akan kami bahas lebih lanjut bersama polres dan lain-lain,” ungkap dia.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, memastikan alun-alun ditutup saat malam pergantian tahun. Lampu alun-alun dimatikan saat malam pergantian tahun. “Untuk jalan ke wilayah kota juga ditutup seperti yang selama ini diberlakukan,” jelas dia.

Baca juga: Chikungunya Mengganas di Klaten, Kenali Perbedaannya dengan DBD!

Mulyani mengatakan operasi pengawasan dan penertiban penerapan protokol kesehatan bakal diperketat. “Menjadi kewaspadaan penuh untuk melewati Natal dan tahun baru. Operasi yustisi akan kami lanjut terus dan diperketat pada 31 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022. Ada tim penertiban PKL, pariwisata, alun-alun dan sebagainya, serta kuliner,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya