SOLOPOS.COM - Ilustrasi Taman Menara Kudus yang dulunya merupakan alun-alun. (Dok Solopos.com/Antara)

Solopos.com, KUDUS — Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), akan segera melakukan revitalisasi pada Alun-alun lama Kudus atau yang saat ini lebih dikenal dengan nama Taman Menara Kudus. Proses revitalisasi itu rencana dimulai akhir tahun 2022 ini dengan anggaran yang disiapkan mencapai Rp800 juta.

“Kami anggarkan di perubahan [APBD] ini. Ada Rp800 juta kalau tidak salah,” ujar Bupati Kudus, H.M. Hartopo, dikutip dari laman Murianews.com, Kamis (11/8/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hartopo mengatakan nantinya Alun-alun lama Kudus akan didirikan taman-taman kecil di sekelilingnya dan menyesuaikan konstruksi yang sudah ada. “Menyesuaikan dari Taman Menara itu sendiri, nanti lihat bagaimana,” ujar Hartopo.

Ketika proses revitalisasi Alun-alun lama Kudus itu selesai, Hartopo berharap kawasan itu bisa menjadi kawasan budaya. Harapannya, setiap bulan sekali ada kesenian budaya yang ditampilkan di lokasi tersebut.

“Akan kami upayakan untuk bisa terealisasi, sehingga pelaku seni punya wadah untuk menunjukkan kreativitasnya,” ujarnya.

Baca juga: Audisi Umum Bulu Tangkis PB Djarum Digelar Lagi, Kini Hanya di Kudus

Sementara itu, salah satu pemerhati sejarah Kabupaten Kudus, Agus Susanto, mengatakan pusat peradaban Kudus berawal dari Menara Kudus. Di mana di lokasi tersebut dulunya terdapat sebuah prasasti.

“Asal mula Kudus adalah berasal dari Menara, di mana terdapat sebuah tulisan prasasti yang terjemahannya adalah Syekh Jafar Shodiq membangun masjid dan negeri Kudus. Jadi memang dulu alun-alun lama itu adalah pusat peradaban,” jelasnya.

Alun-alun lama Kudus saat ini fungsinya telah berubah menjadi Taman Menara Kudus. Saat ini alun-alun lama Kudus itu digunakan untuk area parkir mobil dan pangkalan ojek untuk peziarah di makam Sunan Kudus.

Baca juga: Alun-Alun Lama Kudus Bakal Direvitalisasi, Begini Nasib Rukonya

Pemerintah Kabupaten Kudus memang berencana menata ruang untuk mengembalikan fungsi alun-alun lama ini sebagai ruang terbuka hijau. Oleh karenanya, alun-alun lama ini pun dibuat sebagai Taman Menara Kudus yang pembangunannya dilakukan pada 2015 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya