SOLOPOS.COM - Bupati Klaten Sri Mulyani (klatenkab.go.id)

Solopos.com, KLATEN –Pemerintah Kabupaten Klaten akan menggelontorkan anggaran sekitar Rp9 miliar untuk menata kawasan Alun-alun Klaten.  PKL yang selama ini berjualan di Alun-alun Klaten akan dipindah di Jalan Bali, Kelurahan Kabupaten, Kecamatan Klaten Tengah. Lokasi itu berjarak sekitar 100 meter di utara alun-alun.

Kabar rencana penataan kawasan Alun-alun Klaten beberapa waktu terakhir sudah didengar pedagang. Hanya, mereka belum mendapatkan kepastian termasuk tempat pemindahan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu pedagang alun-alun, Agung Edi Nugroho, 37, mengatakan kabar rencana penataan itu sudah beredar di grup WhatsApp pedagang. “Tetapi belum ada kepastian. Hanya sruwing-sruwing saja. Kabarnya tiga bulan kedepan mau direlokasi. Tempatnya di mana dan konsepnya seperti apa belum diberi tahu,” kata Agung, Jumat (14/1/2022).

Baca Juga: Siap-Siap! Alun-alun Klaten Segera Ditata, Pedagang bakal Direlokasi

Ekspedisi Mudik 2024

Agung mengatakan tidak apa-apa jika pemerintah berencana melakukan relokasi pedagang alun-alun. Dia meminta agar lokasi pemindahan tersebut strategis dan tak menimbulkan gejolak di antara para pedagang.

Namun, Agung tetap berharap para pedagang bisa berjualan di kawasan Alun-alun Klaten seiring rencana penataan kawasan tersebut. “Sebenarnya seperti ini saja, dirapikan lagi tidak apa-apa. Kami berharap biasa diajak berembuk dengan pihak bersangkutan biar tidak ada gejolak diantara para pedagang,” jelas dia.

Bendahara Paguyuban PKL Manunggal Alun-alun Klaten, Trinarno, juga mengaku belum mengetahui kepastian rencana penataan kawasan alun-alun. Begitu pula soal rencana relokasi pedagang alun-alun, Trinarno mengatakan paguyuban belum menerima kepastian lokasinya.

Baca Juga: Hidupkan Kawasan Utara Klaten, Jalan Pemuda akan Dibikin Searah 24 Jam

Hanya, belum lama ini petugas dari Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Klaten mendatangi paguyuban menanyakan jumlah pedagang di kawasan alun-alun. “Tetapi untuk lokasi pemindahannya di mana kami belum tahu pasti,” kata dia.

Penataan Alun-alun Klaten termasuk kawasan depan Gedung Sunan Pandanaran, serta depan Masjid Raya Klaten. Rencana itu bakal bergulir tahun ini.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan kawasan alun-alun bakal menjadi pusat nongkrong serta olahraga dengan sejumlah fasilitas seperti wahana permainan anak, jogging track, serta lapangan basket. Kawasan depan Masjid Raya Klaten yang bersebelahan dengan alun-alun dibangun taman.

Baca Juga: Hidupkan Kawasan Utara Klaten, Jalan Pemuda akan Dibikin Searah 24 Jam

Sementara itu, penataan kawasan Gedung Sunan Pandanaran/RSPD Klaten berlokasi di seberang alun-alun di antaranya dengan pembenahan jalur pedestrian, perbaikan air mancur, serta penambahan lampu.

“Nilainya hampir Rp9 miliar untuk penataan alun-alun, RSPD, serta taman depan Masjid Raya Klaten,” kata Mulyani saat ditemui wartawan di Pemkab Klaten, Jumat (14/1).

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya