SOLOPOS.COM - Alun-alun Karanganyar Jumat (23/10/2020). Pemudik yang akan datang ke Karanganyar siap-siap diminta tes swab antigen. (Solopos-Candra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pedagang kaki lima di kompleks Alun-Alun Kabupaten Karanganyar dilarang berjualan pada malam tahun baru, Jumat (31/12/2021).

Hal itu berkaitan dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menutup Alun-Alun Kabupaten Karanganyar pada malam tahun baru, Jumat. Tak hanya itu, Satpol PP dan tim gabungan akan melakukan patroli untuk menghalau kerumunan yang nekat merayakan malam pergantian tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disdagnakerkop UKM) Karanganyar, Martadi, mengatakan pihaknya meminta perwakilan pedagang menyampaikan kepada kelompok masing-masing mengenai larangan tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga : Polres Karanganyar Akan Lakukan Ini saat Malam Tahun Baru

“Pada malam tahun baru kan alun-alun dan area publik, seperti Taman Pancasila ditutup. Seperti dawuhe [perintahnya] Pak Bupati [Bupati Karanganyar Juliyatmono]. Jadi kami minta untuk berhenti [berjualan] satu malam itu. Nanti kami minta untuk ditindaklanjuti kepada kelompok-kelompok [pedagang],” ujarnya, Rabu (29/12/2021).

Satpol PP bersama tim gabungan dari TNI/Polri akan melakukan patroli di Alun-Alun, Taman Pancasila, dan tempat wisaya di Tawangmangu dan Ngargoyoso. Langkah itu diambil untuk mengantisipasi kerumunan orang yang akan merayakan malam pergantian tahun.

“Yang jelas kami akan patroli bersama Polres dan Kodim untuk mengantisipasi kerumunan. Karena alun-alun dan area publik memang ditutup pada malam tahun baru,” ujarnya.

Baca Juga : Simpang Lima Sukoharjo Ditutup, Tahun Baruan di Rumah Saja Lur…

Seperti diketahui, alun-alun dan area publik di kabupaten/kota di wilayah Soloraya, termasuk di Karanganyar akan tutup pada malam tahun baru, 31 Desember 2021. Kesepakatan penutupan alun-alun itu dicapai melalui rapat koordinasi (rakor) kepala daerah se-Soloraya di Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Rabu (22/12/2021).

Rakor dipimpin Komandan Korem (Danrem) 074/Warastratama, Kolonel (inf) Rudy Saladin, dan diikuti wali kota/bupati/unsur pimpinan kepala daerah, pimpinan Kodim, pimpinan Polres/Polresta dari tujuh kabupaten/kota di Soloraya.

“Tadi sudah sepakat alun-alun di semua kabupaten/kota di Soloraya dan area publik pada malam tahun baru ditutup. Wilayah aglomerasi ini kami persilakan masyarakat menyesuaikan. Yang paling bagus bersama keluarga, berdoa kepada Tuhan memohon agar 2022 jauh lebih baik dan pandemi Covid-19 segera berakhir,” ujar Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya