SOLOPOS.COM - Mobil biodegradable buatan mahasiswa di Belanda. (Istimewa/Sky News)

Mahasiswa di universitas terkemuka  Belanda merancang mobil biodegradable dengan bahan bakar gula bit.

Solopos.com, ENDHOVEN – Mobil dengan bahan bakar alternatif sedang menjadi tren beberapa tahun terakhir. Seolah mengonfirmasi hal ini, Eindhoven University of Technology Belanda merancang sebuah mobil biodegradable ramah lingkungan dengan bahan bakal gula bit.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Mobil elektrik yang ringan ini diciptakan oleh mahasiswa Belanda dengan bahan bakar resin yang berasal dari gula bit. Sementara badan mobil dilapisi dengan lembaran rotan Belanda.

Ekspedisi Mudik 2024

“Hanya bagian roda dan suspensinya yang tidak dibuat dari material biodegradable,” kata Yanic van Riel, Eindhoven University of Technology seperti dikutip dari Reuters, (11/8/2017).

Struktur mobil yang mereka sebut Lina memiliki rasio kekuatan berat yang serupa dengan fiberglass dengan berat hanya 310 kg.

Namun, prototype yang dibuat belum berhasil melewati uji tabrakan karena material yang dipakai tidak akan melengkung seperti baja, tetapi akan hancur.

Rencana penurunan polusi udara dan perubahan iklim telah membuat para perusahaan otomotif untuk merancang desain alternatif, tetapi masih terganjal dengan produksi energinya. “Mobil yang hemat energi masih banyak membutuhkan banyak biaya saat tahapan produksi,” ujarnya

Usai memdapatkan izin dari otoritas kendaraan Belanda, tim Eindhoven University of Technology akan segera melakukan test drive pada tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya