SOLOPOS.COM - Tukul Arwana. (Antara)

Solopos.com, SOLO-Komedian Tukul Arwana terus menunjukkan banyak kemajuan setelah pulang dari rumah sakit pada Sabtu (16/10/2021) lalu. Hal ini bisa terjadi lantaran sang komedian tersebut menunjukkan keinginan kuat untuk sembuh.

Awalnya saat tiba di rumah, Tukul Arwana belum menunjukkan banyak kemajuan. Tatapan pria yang ngetop lewat Empat Mata itu masih kosong dan bengong sepulang dia dari rumah sakit.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, sejak melakukan perawatan pribadi di rumah, lambat laun kondisi terkini Tukul Arwana mulai menunjukkan banyak kemajuan. Ada sejumlah perkembangan baik yang ditunjukkan sang komedian tersebut, salah satunya adalah sudah bisa menengok dan mengenali orang.

Baca Juga: 7 Alasan Medis Wanita Jalani Pengangkatan Rahim Seperti Melanie Subono

Ekspedisi Mudik 2024

“Dari respons sudah sangat baik. Yang kemarin belum ada respons, ada orang buka pintu, sekarang dia sudah nengok. ‘Siapa’ gitu,” kata manajer, Rizki Kimon, saat dijumpai di kediaman Tukul Arwana di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, seperti dikutip dari suara.com, Senin (25/10/2021)

“Jadi lambat laun sudah paham [kenal orang][ memorinya balik lagi,” kata sahabat Tukul Arawan, Ari, ditemui di tempat yang sama.

Kemajuan lain yang ditunjukkan Tukul Arwana adalah sudah bisa mengunyah. “Masih dibantu [alat] melalui hidung, cuma sudah bisa mengunyah. Kalau kemarin kan belum stabil untuk mengunyah,” ujar Kimon.

Baca Juga: Tumor Pecah, Melanie Subono Jalani Operasi Pengangkatan Rahim

Kino mengakui, Tukul Arwana menunjukan keinginannya untuk sembuh. Oleh karena itu, perkembangannya semakin baik makin hari.  “Beliau benar-benar punya semangat, punya keberanian untuk memberikan tenaganya, dia juga pengin berdiri, berusaha berdiri,” beber Kimon.

Sebelumnya, Tukul Arwana mengalami penurunan berat badan cukup drastis usai menjalani operasi dan perawatan intensif di rumah sakit. Kini sudah kembali ke rumah, sang manajer pun mengaku memantau ketat asupan gizi Tukul.

“Pasti [berat badan turun drastis], makannya pantangan pasti ada,” kata Rizki Kimon.

Baca Juga: Stres Kena PHK Saat Pandemi? Begini Cara Mengatasinya

Meski demikian, Rizki Kimon tak mengungkap rincian berat badan Tukul Arwana saat ini. Ia hanya menjelaskan asupan makanannya harus tetap dipantau. “Dengan kondisi sakit hipertensi struktur disertai pendarahan otak, itu pasti juga ada menu-menu diet yang disarankan dari rumah sakit,” ujar Rizki.

Begitu pun dengan pengamanan yang diberikan pihak keluarga Tukul Arwana demi menunjang pemulihannya. Keluarga komedian 58 tahun ini bahkan sampai mendatangkan dua perawat khusus dari rumah sakit. “Kebetulan ada dua perawat yang menjaga beliau 24 jam di rumah,” imbuh Rizki Kimon.

Tukul Arwana dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Otak Nasional karena mengalami pendarahan di otak pada Rabu (22/9/2021) malam. Dokter menyebut bahwa pendarahan yang terjadi di otak Tukul Arwana disebabkan karena hipertensi. Malam itu juga, tim dokter langsung melakukan tindakan operasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya