SOLOPOS.COM - Ketua Dewan Kehormatan PMI Jateng sekaligus Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen, saat mengikuti rapat penanganan Covid-19 secara virtual di kantornya, Senin (23/8/2021). (Istimewa/PMI Jateng)

Solopos.com, SEMARANG – Ketua Dewan Kehormatan Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Tengah (Jateng), Taj Yasin Maimoen, menyebut stok plasma konvalesen di Jateng surplus. Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Gus Yasin saat mengikuti rapat penanggulangan Covid-19 Jateng secara virtual di kantornya, Senin (23/8/2021).

“Kita siap menangani treatment terkait plasma konvalesen. Saat ini kita sudah surplus dari 3 UDD [unit donor darah] yang ada di Jateng,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Wakil Gubernur Jateng itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Gus Yasin, sapaan akrabnya, memperinci perolehan plasma konvalesen secara keseluruhan di tiga UDD PMI yang menampung stok plasma, yakni UDD PMI Kota Semarang, UDD PMI Kota Solo, dan UDD PMI Kabupaten Banyumas. “Di UDD PMI Kota Semarang ada 203 [kantong], UDD PMI Kota Solo 156, dan UDD PMI Kabupaten Banyumas 32,” ujar Gus Yasin.

Baca Juga: Sejumlah Daerah di Jateng Turun Level, Gubernur Ganjar: Jangan Senang Dulu!

Dengan stok tersebut, Gus Yasin pun optimistis Jateng lebih mudah dalam melakukan treatment plasma konvalesen. Selain itu, Jateng pun siap membantu daerah lain yang membutuhkan pasokan plasma darah untuk kesembuhan pasien Covid-19.

“Artinya kita bisa memberikan bantuan plasma konvalesen kepada daerah di luar Jateng,” tegasnya.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, pun memberikan apresiasi terhadap kinerja PMI yang mampu memenuhi kebutuhan plasma konvalesen. Ia juga mengapresiasi langkah Wagub Jateng yang terus melakukan kampanye agar para penyintas mendonorkan plasma darahnya melalui Gerakan Gedor Lakon.

“Mudah-mudahan ini bisa menginspirasi penyintas lain untuk mendonorkan plasma darahnya. Sehingga kalau polanya itu ada testimoni dan membentuk kegotongroyongan, saya rasa bagus,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya