SOLOPOS.COM - Peresmian Rumah Sakit Yasyfin milik Pondok Modern Darussalam Gontor diresmikan dengan acara vaksinasi Covid-19, Sabtu (28/8/2021). (Istimewa/Pondok Gontor)

Solopos.com, PONOROGO — Rumah Sakit Yasyfin milik Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo diresmikan, Sabtu (28/8/2021). Dalam peresmian tersebut juga digelar vaksinasi Covid-19 bagi ustaz dan para santri.

Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, K. H. Akrim Mariyat, mengatakan pendirian RS Yasyfin ini bukan untuk tujuan bisnis. Tetapi, untuk memenuhi kebutuhan kesehatan santri maupun masyarakat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“RS ini untuk umum. Bukan hanya untuk santri, juga untuk umum. Adanya RS ini merupakan kesederhanaan, karena memenuhi kebutuhan bukan memenuhi keinginan,” kata Kiai Akrim dalam keterangan pers yang diterima Madiunpos.com (jaringan Solopos Media Group).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Hii…Ada Mayat Wanita Membusuk di Kamar Hotel Banyuwangi

Keberadaan rumah sakit ini untuk mengajarkan pada santri secara riil tentang kemandirian dan peduli pada kesehatan. “Kita mengirim kader kita ke berbagai fakultas kedokteran. Mereka lah yang akan menjadi input sebagai tenaga kesehatan di RS Yasyfin ini,” kata dia.

Vaksinasi Covid-19 yang digelar dalam peresmian RS Yasyfin itu merupakan kerja sama antara Pondok Gontor dengan Pemkab Ponorogo.

“Kita tidak asing dengan vaksin. Dari dulu kita mengenal vaksin cacar dan lain-lain. Dan hari ini ada vaksin Covid-19. Hari ini dilaksanakan di sini,” ujarnya.

Kiai Akrim menegaskan sejak wabah Covid-19 muncul, Pondok Gontor serius menanganinya. Tujuannya untuk keselamatan para santri dan para ustaz. Saat ini kesiapan Pondok Gontor untuk menciptakan pesantren sehat selama pandemi ditunjukkan dengan adanya RS Yasyfin.

Baca Juga: 3 Kepala Desa di Madiun Meninggal karena Covid-19

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, mengatakan vaksinasi Covid-19 di Pondok Gontor merupakan upaya dari pemerintah untuk menciptakan herd immunity. “Kita sedang melakukan percepatan herd immunity. Semoga ikhtiar ini diridai Allah. Santri dan ustaz Gontor sehat,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya