SOLOPOS.COM - Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Klaten, Sri Mulyani, menyerahkan bingkisan kepada RAZ, 28, pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh di RSD Bagas Waras Klaten, Jumat (26/6/2020). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Alhamdulillah, sebanyak 36 pasien Covid-19 di Kecamatan Klaten Tengah dinyatakan sembuh, Jumat (9/7/2021). Angka sembuh itu tergolong rekor tertinggi yang terjadi di Kecamatan tersebut di tengah pandemi Covid-19.

Camat Klaten Tengah sekaligus Ketua Satgas PP Covid-19 Klaten Tengah, Sofan, mengatakan angka kesembuhan yang terjadi di tengah PPKM darurat itu hampir dua kali lipat dibandingkan beberapa waktu sebelumnya. Rata-rata, angka kesembuhan Covid-19 mencapai 17 orang-20 orang dalam sehari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saat ini angka kasus Covid-19 di atas 46 orang. Mulai kemarin, pasien positif Covid-19 sembuh mencetak rekor tertinggi di Klaten Tengah. Yakni mencapai 36 orang dalam sehari. Biasanya kan 17 orang-20 orang per hari,” katanya saat ditemui Solopos.com di Tempat Isolasi Mandiri Terpusat Kecamatan Klaten Tengah di Gumulan, Sabtu (10/7/2021).

Baca juga: Pasien Covid-19 Yang Isolasi di Rumah, Diminta Rutin Melakukan Ini

Sofan mengatakan banyaknya pasien Covid-19 di Klaten Tengah yang sembuh dipengaruhi beberapa penyebab. Di antaranya kedisiplinan warga yang menjalani isolasi mandiri dengan rutin minum obat, mengatur pola makan, berjemur, olahraga, dan beristirahat cukup. Di samping itu, munculnya kepedulian warga sekitar guna menyuplai kebutuhan makanan bagi yang menjalanlan isoman setiap hari.

“Kami pantau juga yang menjalankan isoman dengan memberdayakan jogo tonggo. Sejauh ini, taat semua. Patroli penegakan prokes terus dilakukan. Semoga, angka Covid-19 di Klaten Tengah segera menurun,” katanya.

Baca juga: Puluhan Difabel Wonogiri Serbu Vaksinasi Kodim di Terminal

Kematian Pasien Covid-19

Meski jumlah pasien Covid-19 yang sembuh di Klaten Tengah mulai tinggi, lanjut Sofan, Tim Satgas PP Covid-19 masih berusaha menekan angka kematian karena Covid-19. Di berbagai desa/kelurahan di wilayah tersebut pernah ditemukan kasus kematian karena Covid-19.

“Hari ini juga ada dua orang yang meninggal dunia karena Covid-19. Rata-rata yang meninggal dunia karena komorbid. Kami mengimbau ke seluruh warga untuk menaati prokes. Sejauh ini, jumlah kasus Covid-19 di Klaten Tengah saat ini mencapai 263 orang,” katanya.

Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan jumlah kumulatif Covid-19 di Klaten telah menembus 19.643 kasus. Hal itu terhitung sejak, Jumat (9/7/2021). Ada 5.802 orang menjalani perawatan/isolasi mandiri. Lalu 12.761 orang dinyatakan sembuh.

“Sebanyak 1.080 orang telah meninggal dunia,” katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya