SOLOPOS.COM - Petugas Kemenhub meninjau kerusakan pada underpass Makamhaji terkait kesiapan rencana perbaikan pada 5 Februari lalu. (Istimewa/Dishub Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Kementrian Perhubungan (Kemenhub) akhirnya merespons keluhan warga terkait sejumlah kerusakan pada bangunan underpass Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. Kemenhub melalui Dirjen Perkeretaapian saat ini tengah menyiapkan proyek perbaikan underpass Makamhaji.

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo Toni Sri Buntoro mengatakan tim Kemenhub melalui Dirjen Perkeretaapian telah meninjau underpass Makamhaji pada 5 Februari lalu. Tim melihat sejumlah kerusakan seperti penutup drainase, pompa air hingga dinding Underpass.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Tanggal 5 Februari kemarin sudah disurvei langsung oleh Kemenhub. Ini merespons laporan dari kami," kata Toni ketika berbincang dengan Solopos.com, Rabu (17/2/2021).

Baca Juga: Air Mata Bupati Wardoyo Saat Pidato Perpisahan Bikin PNS Sukoharjo Terdiam

Ekspedisi Mudik 2024

Toni mengatakan dari hasil peninjauan, Kemenhub menyiapkan sejumlah perbaikan kerusakan underpass Makamhaji dengan menyusun rencana anggaran belanja (RAB). Dengan sasaran perbaikan meliputi saluran drainase, pompa air, bangunan dinding serta jalan underpass.

Kondisi ini sesuai kerusakan yang terjadi pada underpass dan selama ini menjadi keluhan para pengguna jalan. Seperti penutup saluran air pada bagian tengah underpass yang berulang kali hilang dan rusak. Kerusakan ini paling banyak dikeluhkan warga lantaran membuat kepadatan lalu lintas di kawasan underpass.

Namun demikian pihaknya belum bisa memastikan kapan proyek perbaikan underpass tersebut akan dikerjakan. Dishub Sukoharjo masih menunggu koordinasi lanjutan dengan Kemenhub.

Baca Juga: Selain Pembunuhan Baki, Ini Deretan Kasus Dengan Vonis Hukuman Mati di Soloraya

"Kita juga perlu melakukan koordinasi dengan daerah sekitar seperti Solo dan Klaten jika proyek ini berjalan. Karena dampak selama proyek berjalan akan dirasakan warga daerah perbatasan," katanya.

Rekayasa Lalu Lintas

Selain itu, Dishub Sukoharjo akan menyiapkan skema rekayasa lalu lintas selama proyek perbaikan kerusakan underpass Makamhaji berjalan. Skema itu dari penutupan total lalu lintas kawasan underpass atau hanya sebatas buka tutup jalan.

Menurutnya hal itu masih akan dibahas lebih lanjut. Ia mengakui sempat mendengar kabar perbaikan underpass Makamhaji telah menyebar ke warga sekitar. Bahkan beredar kabar underpass Makamhaji akan ditutup total selama dua pekan untuk perbaikan tersebut. Toni memastikan kabar itu hoaks atau tidak benar.

Baca Juga: Hampir Rampung, Waduk Pidekso Wonogiri Diklaim Tahan Gempa Hingga 8 SR

"Sampai sekarang kita masih menunggu kabar dari Kemenhub untuk perbaikannya. Jadi kabar underpass akan ditutup dua pekan itu hoaks," katanya.

Seperti diketahui, warga sudah lama mengeluhkan kerusakan pada bangunan underpass Makamhaji, Kartasura. Keluhan disampaikan melalui berbagai cara, salah satunya dengan memasang spanduk. Namun belum sehari dipasang, spanduk tersebut telah raib.

Instansi terkait di Pemkab Sukoharjo juga sudah berulang kali memperbaiki kerusakan pada underpass tersebut, terutama pada penutup saluran air. Namun tak lama kemudian bagian yang sama rusak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya