Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Alhamdulillah, Ganti Rugi Tol Jogja-Solo di Purwomartani Segera Cair

Proses pembebasan lahan di Jalan Tol Jogja-Solo di wilayah Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, saat ini memasuki tahap musyawarah warga untuk membahas uang ganti kerugian (UGK).
SHARE
Alhamdulillah, Ganti Rugi Tol Jogja-Solo di Purwomartani Segera Cair
SOLOPOS.COM - Foto udara sejumlah kendaraan terjebak saat warga melakukan aksi pemblokiran jalan di Tol Cimanggis-Cibitung, di Jatikarya, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (29/6/2022). (Antara/Fakhri Hermansyah)

Solopos.com, SLEMAN — Proses pembebasan lahan di Jalan Tol Jogja-Solo di wilayah Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, saat ini memasuki tahap musyawarah warga untuk membahas uang ganti kerugian (UGK). Di wilayah ini, fasilitas umum yang terdampak pembangunan jalan tol hanya masjid dan sebagian area pemakaman.

Kepala Bidang Pengadaan Tanah BPN Kanwil DI Yogyakarta, Margaretha Elya Lim Putraningtyas, mengatakan rencana pelaksanaan pembayaran UGK di wilayah Purwomartani rencananya akan dilakukan akhir Agustus ini.

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Pembayaran UGK akan diberikan untuk warga terdampak di Dusun Karanglo, Babadan, Songodaran, dan Bayen, Kalurahan Purwomartani.

“Mudah-mudahan izin dari LMAN bisa turun bulan ini sehingga pembayarannya antara minggu ketiga atau keempat Agustus ini,” kata dia, Senin (8/8/2022).

Baca Juga: Jembatan Dibangun, Jalan Simpang Jejeran Bantul Ditutup Total 5 Bulan

Selain masih menyelesaikan pembayaran UGK untuk empat dusun di Purwomartani, lanjutnya, proses pembayaran UGK untuk Dusun Tegalrejo, Tamanmartani juga diupayakan segera disalurkan.

Sedangkan pembayaran UGK di Tamanmartani belum diberikan karena pengumumannya paling akhir dilakukan.

“Untuk Selomartani sudah musyawarah semua. Untuk Tegalrejo Tamanmartani menunggu selesainya tim appraisal,” katanya.

Sementara itu, Lurah Tirtomartani, Kalasan, Indra Gunawan, mengatakan total bidang terdampak pembangunan jalan tol di Tirtomartani sebanyak 336 bidang dengan sekitar 300-an warga terdampak.

Baca Juga: Pegowes Meninggal Terperosok ke Jurang Bantul, Begini Kronologinya

Lahan yang terdampak selain pemukiman juga ada tanah kasultanan serta area pertanian.

“Dari jumlah tersebut lahan tanah kas desa [TKD] yang terdampak sekitar empat hektare, itu area pertanian,” katanya.

Adapun warga terdampak paling banyak berada di Karanganyar, Kalimati. Di dusun ini, lanjutnya, merupakan padukuhan dengan jumlah warga yang paling banyak terdampak pembangunan jalan tol.

“Di sana ada sekitar 20 KK. Itu satu RT tapi dibelah jalan tol di tengah-tengahnya,” kata Indra.

Baca Juga: Masih Siaga, Gunung Merapi Tercatat 129 Kali Gempa Guguran dalam Sehari

Selain itu, lanjut Indra, Jalan Tol Jogja-Solo yang melewati Tirtomartani juga melewati dua area permakaman. Area makam di dusun Kringinan maupun Bendungan berdiri di atas tanah Sultan Grond. Detail jumlah makam yang terdampak, lanjut Indra, belum hitung.

“Tetapi hanya sebagian saja makam yang terkena. Di atas 10 makam. Cuma kami belum tahu terkait ganti kerugiannya. Memang, ahli waris makam katanya akan menerima uang kerohiman hanya saja makam akan dipindah ke mana?,” ujarnya.

Indra mengatakan untuk sarana umum yang terkena pembangunan tol hanya satu masjid, yakni Baitul Makmur di Karang, Kalasan.

“Masjid itu kena semua. Kami tidak paham dulu yang bangun yayasan, tapi infonya sudah ganti yayasan,” kata Indra.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Ganti Rugi Tol Jogja-Solo di Purwomartani Dibayar Akhir Bulan Ini



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode