top ear
Ilustrasi penanganan pasien Covid-19. (Reuters)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi penanganan pasien Covid-19. (Reuters)

Alhamdulillah! 2 Hari, 12 Orang Positif Covid-19 di Karanganyar Sembuh

Data dari akun resmi Instagram Dinkes Karanganyar, sembilan orang dinyatakan sembuh pada Minggu, sedangkan jumlah pasien positif Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh pada Senin bertambah tiga orang.
Diterbitkan Senin, 10/08/2020 - 20:00 WIB
oleh Solopos.com/Sri Sumi Handayani
2 menit baca

Solopos.com, KARANGANYAR--Sebanyak 12 orang warga Kabupaten Karanganyar dinyatakan sembuh dari Covid-19 pada Minggu (9/8/2020) dan Senin (10/8/2020).

Data yang dihimpun Solopos.com dari akun resmi Instagram Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar, sembilan orang dinyatakan sembuh pada Minggu. Mereka adalah tiga orang dari kecamatan Karanganyar, tiga orang dari Kecamatan Colomadu, satu orang dari Kecamatan Gondangrejo, satu orang dari Kecamatan Kebakkramat, dan satu orang dari Kecamatan Tasikmadu.

Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh bertambah tiga orang pada Senin. Mereka berasal dari Kecamatan Karanganyar dua orang dan satu orang dari Kecamatan Tasikmadu. Total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh hingga Senin adalah 159 orang.

Masih Zona Oranye, Karanganyar Tetap Berencana Buka Sekolah

Dengan tren kesembuhan itu, Solopos.com melihat ada sembilan kecamatan yang sudah tidak ada kasus terkonfirmasi positif Covid-19 hingga Senin (10/8/2020). Sembilan kecamatan tersebut adalah Jatipuro, Jatiyoso, Matesih, Tawangmangu, Gondangrejo, Kebakkramat, Mojogedang, Kerjo, dan Jenawi.

Delapan kecamatan lain masih terdapat kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Masing-masing satu kasus di Kecamatan Jumapolo, Jumantono, Ngargoyoso, dan Karangpandan. Kecamatan Tasikmadu dan Jaten masing-masing tiga kasus. Kecamatan Karanganyar empat kasus dan Colomadu enam kasus. Total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 hingga Senin 20 kasus.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Kasus Covid-19 Kabupaten Karanganyar, Juliyatmono, menuturkan tiga orang yang dinyatakan sembuh pada Senin adalah pemudik dari Kediri, kontak erat, dan tenaga kesehatan.

Sesalkan Kerusuhan di Solo, Ganjar: Usut Kasus Pengeroyokan Habib!

"Yang pemudik dan kontak erat itu dari Kecamatan Karanganyar. Kalau yang tenaga kesehatan itu yang Tasikmadu," tutur dia saat berbincang dengan wartawan, Senin.

 

Klaster Nakes

Selain 12 orang sembuh, Yuli juga mencatat dua tambahan kasus baru pada Senin. Dua kasus itu berasal dari klaster nakes.

"Mereka nakes dari Rumah Sakit Daerah Moewardi [RSDM] Solo. Tetapi tercatat sebagai warga Tasikmadu dan Colomadu. Kami melakukan pelacakan terhadap kontak erat, keluarga dia di Karanganyar," ungkap dia.

Fenomena Embun Upas Berulang di Dieng

Di sisi lain, dia juga mengonfirmasi tentang informasi pegawai Samsat Kabupaten Karanganyar yang dinyatakan positif Covid-19. Pegawai itu tercatat sebagai warga Kabupaten Sragen. Tetapi, Yuli, sapaan akrabnya, menuturkan pegawai tersebut sudah dinyatakan sembuh beberapa waktu lalu.

"Dinkes hanya mendapat laporan dari Dinkes Kabupaten Sragen. Bahwa yang bersangkutan sudah sembuh beberapa waktu lalu. Sudah ada surat yang menyatakan demikian. Lalu kami yang di Karanganyar melakukan swab test terhadap 40-an orang yang melakukan kontak erat dengan pasien itu. Hasilnya negatif semua."


Editor : Profile Haryono Wahyudiyanto
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com


berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini