SOLOPOS.COM - Ilustrasi Corona (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, KLATEN — Sebanyak empat kecamatan di Kabupaten Klaten dinyatakan sudah terbebas dari kasus terkonfirmasi Covid-19, Minggu (19/9/2021). Keberhasilan empat kecamatan terbebas dari kasus Covid-19 itu dinilai tak terlepas dari gencarnya edukasi dan operasi yustisi tentang penegakan protokol kesehatan (prokes) di tengah masyarakat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com di Pemkab Klaten, empat kecamatan yang sudah terbebas dari Covid-19, yakni Kecamatan Ceper, Kecamatan Kemalang, Kecamatan Klaten Tengah, dan Kecamatan Polanharjo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di sisi lain, Kecamatan Trucuk merupakan daerah penyumbang kasus tertinggi Covid-19, yakni mencapai delapan orang. Data tersebut terhitung hingga Minggu kemarin.

“Edukasi prokes dan operasi yustisi yang dilakukan selama ini telah memberikan dampak besar [penurunan kasus Covid-19],” kata Tim Ahli Satgas PP Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito, kepada Solopos.com, Senin (20/9/2021).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Masih Ada 1 Kasus Positif, Satgas Covid-19 Juwiring Klaten Belum Izinkan Pemancingan Buka

Ronny Roekmito mengatakan seluruh elemen masyarakat harus terus mendukung kedisiplinan dalam mematuhi prokes. Hal itu, baik masyarakat yang sehat atau pun masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19.

“Sampai sekarang, Kabupaten Klaten masih tergolong zona oranye Covid-19,” katanya.

Meningkatkan Operasi Yustisi

Ronny Roekmito berharap keempat kecamatan yang sudah zero Covid-19 dapat mempertahankan keberhasilan tersebut. Hal utama yang perlu dilakukan agar tetap terhindar dari Covid-19, yakni tetap prokes dan meningkatkan operasi yustisi.

“Edukasi ke warga harus terus dilakukan,” katanya.

Baca juga: Pemdes Gempol Klaten Larang Warga Selfie dan Nongkrong di Jalan Ini, Kenapa Sih?

Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan di Kabupaten Bersinar masih terdapat penambahan tiga kasus Covid-19 dan dua penambahan kasus kematian karena virus corona, Minggu (19/9/2021).

Di hari yang sama, juga terdapat 10 pasien Covid-19 yang dinyatakan sudah sembuh oleh tim medis.

“Jumlah kasus kumulatif Covid-19 di Klaten mencapai 34.586 kasus. Sebanyak 86 orang menjalani perawatan/isolasi. Sebanyak 31.602 orang dinyatakan sembuh. Sebanyak 2.898 orang telah meninggal dunia,” kata Cahyono Widodo.

Baca juga: Budidaya Maggot Si Pemakan Sampah Organik Menguntungkan! Pakan Gratis, Harga Jual Rp55.000 per Kg

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya