SOLOPOS.COM - Ketua Komisi IV DPRD Solo, Janjang Sumaryono Aji, memimpin rapat bersama sejumlah OPD terkait dan Polsek Laweyan, Kamis (17/2/2022) siang. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Ketua Komisi IV DPRD Solo, Janjang Sumaryono Aji, mengaku prihatin dengan insiden siswi SDN 04 Karangasem, Laweyan, berinisial N, diduga terkena tendang siswi lain pada alat vital hingga berdarah.

“Kalau itu dikatakan bercanda ya terlalu. Karena apa pun yang terjadi mereka kan pakai rok ya, kalau sampai nendang, sampai, mohon maaf, kemaluannya berdarah kan berarti itu kan sudah kebangeten,” tuturnya saat diwawancarai Solopos.com, Rabu (21/9/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Politikus PDIP itu mengaku tidak habis pikir kenapa siswi SD bisa melakukan tindakan menendang bagian alat vital atau kemaluan temannya. Menurutnya, mestinya mereka saat beraktivitas di sekolah memakai rok, sehingga ruang gerak mereka terbatas.

“Kalau pakai rok kan mau nendang tidak bebas. Ya harapan kami sekolah harus memberikan edukasi tidak boleh melakukan perkelahian atau tindak kekerasan. Mungkin itu tanpa sepengetahuan sekolah, mungkin bercanda di mana,” imbuhnya.

Walau sudah didamaikan, Janjang meminta SDN 04 Karangasem dan Dinas Pendidikan Solo segera menindaklanjuti mencuatnya kembali insiden alat vital siswi sampai berdarah karena diduga kena tendang itu.

Baca Juga: Siswi SD di Solo Alami Pendarahan Alat Vital Diduga Kena Tendang Siswi Lain

“Kalau muncul lagi seperti ini ya harapan kami dinas segera mencarikan solusi. Barangkali korban atau orang tua korban berharap adanya tanggung jawab atau pengobatan secara medis. Panggil dan pertemukan pihak-pihak yang terlibat, carikan solusi. Kalau tidak bisa selesai, saya panggil Dinas Pendidikan,” tegasnya.

Janjang menekankan juga aspek tindak lanjut penanganan hingga sanksi yang bisa diberikan. Menurutnya, bila memang insiden tersebut bukan karena unsur kesengajaan, pelaku tak perlu sampai dikeluarkan dari sekolah.

“Karena ini bercanda ya mungkin kalau sampai dikeluarkan ya tidak ya, karena bukan perkelahian. Tapi kalau perkelahian ya harus diberikan sanksi. Kalau memang hanya bercanda saya harap hanya peringatan dan edukasi saja,” imbuhnya.

Baca Juga: Januari-September, Polisi Solo Tindak 9.303 Sepeda Motor Berknalpot Brong

Keadilan bagi Korban

Janjang menyatakan akan mengawal penyelesaian insiden siswi SDN 04 Karangasem Solo yang terkena tendangan di alat vital hingga berdarah tersebut hingga tuntas. Harus ada keadilan yang diberikan kepada korban.

Lebih dari itu dia menilai perlunya peningkatan pengawasan aktivitas para siswa di lingkungan sekolah. Tujuannya agar tidak ada praktik atau tindakan kekerasan, termasuk bullying yang dapat mengancam keselamatan siswa dan menghancurkan mental anak.

“Nanti kalau tidak selesai, kami panggil Dinas Pendidikan,” katanya. Seperti diinformasikan sebelumnya, seorang siswa SDN 04 Karangasem, Laweyan, mengalami pendarahan pada alat vital diduga karena terkena tendangan siswi lain.

Baca Juga: Agenda Solo Hari Ini: Farel Prayoga Sapa Sekaten, Gibran Bahas Daging Anjing

Sekretaris Dinas Pendidikan Solo, Abdul Haris Alamsyah, mengonfirmasi adanya insiden pendarahan alat vital yang dialami seorang siswa SDN 04 Karangasem. Dia mengaku sudah menghubungi kepala sekolah tersebut.

Dari penjelasan kepala sekolah tersebut kepada Abdul Haris, orang tua siswi yang terlibat kejadian itu sudah didamaikan. Kepala sekolah pun heran kenapa persoalan itu mencuat lagi.

Mengenai penyebab terjadinya pendarahan alat vital siswi tersebut, menurut Abdul Haris, karena tidak sengaja terkena tendangan siswi lainnya. Awalnya mereka hanya bercanda. Pelaku ingin menendang kaki tapi malah kena alat vital.

Baca Juga: Peralihan Musim, BPBD Solo Sebut Laweyan Punya Risiko Bencana Paling Tinggi

Akibatnya, alat vital N mengalami pendarahan. “Katanya cuma bercanda. Mau nendang kaki kebablasen kena alat vital. Katanya berdarah memang,” urainya. Tapi Abdul Haris tak tahu apakah N sampai opname di rumah sakit atau tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya