SOLOPOS.COM - Logo AFC Asian Cup

Solopos.com, JAKARTA—Restu dari pemerintah membuat PSSI akhirnya mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan sebelumnya masih mempertimbangkan untuk menggelar Piala Asia 2023 di Indonesia. Alasannya, waktu penyelenggaraan turnamen itu berdekatan dengan Piala Dunia U-20 2023 yang juga dilaksanakan di Tanah Air.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Piala Dunia U-20 2023 akan berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023. Sementara Piala Asia 2023 rencananya bergulir pada 16 Juni-16 Juli pada tahun yang sama.

Baca Juga: Termasuk Indonesia, Ini 24 Peserta Putaran Final Piala Asia 2023

“Setelah berkoordinasi dengan pemerintah, dalam hal ini Kemenpora, akhirnya PSSI resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. PSSI mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Menpora Zainudin Amali yang telah memberikan dukungan,” ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Iriawan menegaskan mengirimkan semua persyaratan kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) terkait pengajuan diri tersebut. AFC sendiri memberikan batas waktu sampai akhir Juni 2022 kepada federasi anggotanya untuk melengkapi persyaratan tuan rumah.

Menpora Zainudin Amali mengatakan PSSI akhirnya berani mengajukan diri setelah Presiden Joko Widodo memberikan lampu hijau. “Saya langsung melapor kepada Presiden untuk meminta arahan. Beliau menyampaikan, silakan kita mengajukan diri (menjadi tuan rumah Piala Asia 2023). Nanti kita melihat keputusan AFC seperti apa,” kata Zainudin Amali.

Baca Juga: Lolos Piala Asia 2023, Indonesia Buka Kans Tuan Rumah Gantikan China

Piala Asia 2023 awalnya akan dilangsungkan di China. Akan tetapi, China mengajukan pengunduran diri karena pandemi Covid-19. Itu membuat AFC membuka kesempatan kepada federasi anggotanya untuk mengikuti pencalonan tuan rumah turnamen tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya