Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Alasan PSSI Ajukan Indonesia Tuan Rumah Piala Asia 2023

Waktu yang mepet dengan Piala Dunia U-20 membuat PSSI mempertimbangkan mengajukan tuan rumah Piala Asia 2023.
SHARE
Alasan PSSI Ajukan Indonesia Tuan Rumah Piala Asia 2023
SOLOPOS.COM - Logo AFC Asian Cup

Solopos.com, JAKARTA—Restu dari pemerintah membuat PSSI akhirnya mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan sebelumnya masih mempertimbangkan untuk menggelar Piala Asia 2023 di Indonesia. Alasannya, waktu penyelenggaraan turnamen itu berdekatan dengan Piala Dunia U-20 2023 yang juga dilaksanakan di Tanah Air.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Piala Dunia U-20 2023 akan berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023. Sementara Piala Asia 2023 rencananya bergulir pada 16 Juni-16 Juli pada tahun yang sama.

Baca Juga: Termasuk Indonesia, Ini 24 Peserta Putaran Final Piala Asia 2023

“Setelah berkoordinasi dengan pemerintah, dalam hal ini Kemenpora, akhirnya PSSI resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. PSSI mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Menpora Zainudin Amali yang telah memberikan dukungan,” ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Iriawan menegaskan mengirimkan semua persyaratan kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) terkait pengajuan diri tersebut. AFC sendiri memberikan batas waktu sampai akhir Juni 2022 kepada federasi anggotanya untuk melengkapi persyaratan tuan rumah.

Menpora Zainudin Amali mengatakan PSSI akhirnya berani mengajukan diri setelah Presiden Joko Widodo memberikan lampu hijau. “Saya langsung melapor kepada Presiden untuk meminta arahan. Beliau menyampaikan, silakan kita mengajukan diri (menjadi tuan rumah Piala Asia 2023). Nanti kita melihat keputusan AFC seperti apa,” kata Zainudin Amali.

Baca Juga: Lolos Piala Asia 2023, Indonesia Buka Kans Tuan Rumah Gantikan China

Piala Asia 2023 awalnya akan dilangsungkan di China. Akan tetapi, China mengajukan pengunduran diri karena pandemi Covid-19. Itu membuat AFC membuka kesempatan kepada federasi anggotanya untuk mengikuti pencalonan tuan rumah turnamen tersebut.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode