top ear
Gibran Rakabuming Raka berjalan menuju Kantor DPD PDIP Jateng di Kota Semarang, Kamis (12/12/2019). (Semarangpos.com-Tim Relawan Gibran)
  • SOLOPOS.COM
    Gibran Rakabuming Raka berjalan menuju Kantor DPD PDIP Jateng di Kota Semarang, Kamis (12/12/2019). (Semarangpos.com-Tim Relawan Gibran)

Alasan Pemilih Gibran Rakabuming di Pilkada Solo: Muda dan Putra Jokowi

Responden yang terlibat memilih putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu karena beberapa hal.
Diterbitkan Senin, 16/12/2019 - 18:04 WIB
oleh Solopos.com/Newswire
2 menit baca

Solopos.com, JAKARTA -- Hasil survei Lembaga Survei Median tentang Pilkada Solo 2020 menunjukkan elektabilitas Gibran Rakabuming Raka yang masih di bawah Achmad Purnomo. Namun elektabilitas itu cukup tinggi dan berpotensi meningkat. Lalu apa alasan publik memilih Gibran?

Responden yang terlibat memilih putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu karena beberapa hal. Alasan tertinggi memilih Gibran di Pilkada Solo 2020 adalah karena faktor usia yang masih muda. Alasan lain adalah karena Gibran merupakan anak Presiden Jokowi.

Direktur Eksekutif Median Rico Marbun menjelaskan ada dua nama tertinggi dari 18 nama yang dipilih responden dalam survei tersebut, yakni wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo dan Gibran.

Dalam menggunakan metode pertanyaan terbuka (top of mind), Achmad Purnomo dipilih 40,9 persen responden sebagai Wali Kota Solo 2020. Sementara itu Gibran dipilih 19,1 persen responden.

Selain Elektabilitas, Gibran Rakabuming Juga Kalah Populer dari Achmad Purnomo

"Jadi, kalau kami berani mengatakan, pertarungan di kota Solo hanya berlangsung pada 2 [calon] saja yaitu Achmad Purnomo dan Gibran Rakabuming," kata Rico saat menyampaikan paparannya di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (16/12/2019), dilansir Suara.com.

Kemudian survei pun dilakukan untuk melihat motif di balik pemilihan responden terhadap tokoh yang dipilihnya. Alasan terbesar memilih Gibran (yang dipilih 27,8 persen responden) menjadi Wali Kota Solo 2020 adalah karena faktor muda. Gibran memutuskan maju sebagai bakal calon Wali Kota Solo 2020 pada usia 32 tahun.

Survei Median: Gibran Kalah Populer dari Achmad Purnomo

Alasan kedua paling banyak untuk memilih Gibran adalah faktor sebagai anak Jokowi, yakni sebanyak 18,5 persen responden. Sedangkan 13 persen responden lainnya memilih Gibran dikarenakan latar belakang pekerjaannya kini sebagai pengusaha yang kreatif.

Sedangkan Achmad Purnomo yang merupakan calon wali kota hasil penjaringan DPC PDIP Solo dipilih oleh 42,5 persen responden karena faktor pengalaman. Lalu sebanyak 8,3 persen responden menyampaikan alasan memilih Achmad karena merakyat.

Nyalon Lewat PDIP Jateng, Gibran Rakabuming Siap Dijewer Rudy

Achmad Purnomo kini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Surakarta dari 2016 lalu sebagai pendamping FX Hadi Rudyatmo. Sebelumnya, Achmad sempat menduduki jabatan yang sama pada 2013 hingga 2015.

Survei tersebut dilakukan dengan menggunakan sampel yang dipilih secara acak dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi kecamatan dan gender. Adapun margin of error survei tersebut ialah 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.


Editor : Profile Adib M Asfar
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini