SOLOPOS.COM - Ilustrasi taman kota (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Solopos.com, SURABAYA — Sebanyak 169 dari 949 taman di Kota Surabaya, Jatim telah dilengkapi fasilitas bermain anak-anak. Di sisi lain, terdapat enam taman di Surabaya yang saat ini sedang diproses agar memperoleh sertifikat Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA).

Sebanyak 949 taman yang tersebar di Surabaya terdiri atas taman aktif dan taman pasif. Khusus taman aktif, terdapat skala kota sebanyak 38 lokasi dan skala permukiman atau RW sebanyak 136 lokasi. Sedangkan sebanyak 775 taman pasif rata-rata berada di jalur hijau.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dari jumlah tersebut, sebanyak 169 taman menjadi taman bermain anak. Keberadaan taman itu dinilai tidak pernah sepi pengunjung. Fasilitas bermain anak yang ada di taman bermain itu, seperti perosotan, jungkat-jungkit, ayunan, pasir-pasiran, dan berbagai fasilitas lainnya.

Dari berbagai taman di Surabaya, Taman Flora dan Kebun Bibit menjadi lokasi paling ramai dikunjungi warga/pengunjung karena fasilitasnya lumayan lengkap. Di lokasi ini dilengkapi area outbound dan beberapa fasilitas outbound.

“Taman-taman di Surabaya menjadi ruang publik yang kami desain senyaman mungkin untuk warga. Taman juga menjadi tempat santai dan tempat berkumpulnya semua kalangan, baik kalangan yang menengah ke atas maupun yang menengah ke bawah. Makanya taman itu tidak pernah sepi pengunjung [pengunjung juga diminta menjaga fasilitas taman],” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro dalam keterangan tertulisnya seperti yang dikutip Solopos.com dari Antara, Jumat (3/2/2023).

Meskipun sudah memperbanyak dan mempercantik taman hingga dilengkapi fasilitas bermain anak, namun pemkot tidak berhenti sampai di situ. Saat ini, Pemkot Surabaya mengupayakan enam taman agar mendapatkan sertifikat Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA).

Masing-masing taman itu, yakni Taman Flora, Taman Harmoni, Taman Kebun Bibit Wonorejo, Taman Cahaya, Taman 10 November, dan Taman Jangkar. Sejauh ini, masih dalam tahap proses pengurusan standarisasi dan sertifikasi RBRA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya