SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/anneahira.com)

Solopos.com, SOLO -- Di masa pandemi Covid-19, ekonomi Indonesia mengalami perbaikan. Sebagaimana survei konsumen April 2021 yang dirilis Bank Indonesia.

Dalam survei tersebut disebutkan bahwa untuk pertama kalinya ekonomi masuk ke zona optimis sejak pandemi Covid-19 masuk ke Tanah Air.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bahkan, melihat indikator-indikator ekonomi, berbagai lembaga keuangan seperti IMF memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berkisar pada 4,5-5% pada 2021. Faktor pendukung selain pengendalian Covid-19 dan vaksinasi yang mendorong perekonomian Indonesia menuju positif adalah konsumsi, produktivitas industri, dan ekspor-impor. Seperti yang diungkap Dirjen Perdagangan dalam Negeri Kemendag, Oke Nurwan dalam rilis tertulisnya yang diterima Solopos.com pada Rabu (19/5/2021).

Baca Juga: Dinkes Jateng Puji Wali Kota Solo yang Larang Warga Positif Covid-19 Isolasi Mandiri

“Kajian Markplus yang dipublikasikan sebelumnya menunjukkan beberapa kategori produk digital, fesyen, kecantikan, makanan dan minuman, serta perlengkapan rumah tangga banyak mengalami peningkatan,” beber dia.

Selain itu, IPSOS Indonesia juga telah melakukan survei di enam negara ASEAN, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam. “Menariknya, di dua kali survei menunjukkan bahwa konsumen Indonesia yang paling optimis akan adanya pemulihan ekonomi dalam enam bulan ke depan,” ujar Soeprapto Tan, Managing Director IPSOS.

Baca Juga: Perhatikan Bocoran Penentu Kelulusan Seleksi Sekolah Kedinasan Ini!

Kunci Perbaikan Ekonomi Indonesia

Optimisme konsumen di Indonesia diyakini Soeprapto tumbuh salah satunya karena pemerintah memberikan stimulus ekonomi yang tepat selama pandemi, “Saya kira program-program stimulus dan bantuan dana tunai yang dilakukan pemerintah ditambah program vaksinasi sangat berpengaruh dalam optimisme konsumen Indonesia," ungkap dia.

Bukan hanya itu, Oke menambahkan kunci ekonomi Indonesia mengalami pertumbuhan terdapat pada keberhasilan pemerintah dalam pengendalian kasus Covid-19 dan pelaksanaan vaksinasi yang menumbuhkan optimisme.

Baca Juga: Juventus Raih Trofi Coppa Italia ke-14 Seusai Tundukkan Atalanta

“Dan dalam hal pemulihan ekonomi secara menyeluruh, Kementerian Perdagangan memfokuskan upayanya untuk menyediakan bahan makanan pokok dengan harga stabil dan mendampingi UMKM untuk meningkatkan kapasitasnya," pungkas Oke.

Baca Juga:  Waspada! Pasca Libur Lebaran Kasus Covid-19 Bisa Melonjak 30-80%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya