SOLOPOS.COM - Youtube menjadi media sosial terpouler di Indonesia. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Akun komedian, Sule sempat berubah nama dan dipakai untuk menyiarkan langsung konten yang jauh dari biasanya yakni soal bitcoin. Youtube menjadi salah satu media sosial platform video yang juga tak luput dari risiko peretasan hingga penyusupan.

Seperti diberitakan sebelumnya, akun Sule Channel mendadak berubah menjadi MicroStrategy INC, Senin (6/12/2021) petang. Dan akun itu kini sudah kembali berikut juga konten siaran langsung dari MicroStrategy sirna dari laman Sule Channel.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Akun Youtube Sule Berubah Nama dan Tayangkan Konten Bitcoin

Google memberi informasi langkah perbaikan akun Youtube yang diretas. Perbaikan itu juga melingkupi kasus penyusupan.

Mengutip laman web Google, peretasan dan penyusupan bisa ditandai dengan perubahan gambar profil, deskripsi, setelan email, asosisiasi AdSense atau pesan terkirim yang berbeda. Ciri lainnya adalah video yang terunggah bukanlah milik pemilik channel. “Video yang diunggah bukan milik Anda: Seseorang telah mengeposkan video sebagai Akun Google Anda. Anda mungkin mendapatkan notifikasi email tentang video ini untuk hukuman atau teguran terhadap konten yang buruk,” tulis Google.

Baca Juga: 5 Tren Medsos Ini Diramal Pengaruhi Bisnis Tahun Depan

Akun Youtube terintegrasi dengan akun Google. Jadi, untuk pemulihan maupun setelan keamanannya pemilik harus kembali mengutak-atik mulai dari emailnya. Berikut langkah-langkah pemulihan akun Youtube:

Pertama, klik link ini. Langkah ini adalah upaya Google memastikan pemilik akun masih bisa mengakses akun atau tidak.

Jika akun tidak bisa diakses maka klik di sini. Anda akan ditanya beberapa hal untuk membantu Google memastikan pengakses benar-benar pemilik akun. Jika masih mendapat kesulitan di tahap ini maka anda bisa mengklik link ini. Link tersebut merupakan tahap untuk memulihkan akun anda yang sudah dikuasai pihak lain alias tak bisa anda akses.

Baca Juga: Wapres Tak Mau Umat Islam Terombang-ambing Arus Perkembangan Teknologi

Jika beberapa tahap tersebut sudah beres, Google akan mengarahkan anda untuk kembali mengakses akun dimulai dengan membuat password yang kuat. Anda juga bakal diarahkan untuk menempuh pilihan cara pemulihan akun.

Google juga merekomendasikan untuk menggunakan verifikasi dua langkah. Cara ini disebut ampuh untuk mendeteksi dan melindungi dari berbagai macam upaya peretasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya