SOLOPOS.COM - Terdakwa kasus merintangi penyidikan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), Irfan Widyanto menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (19/10/2022). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU)

Solopos.com, JAKARTA — Polisi lulusan terbaik Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2010, Irfan Widyanto, menjalani sidang lanjutan kasus merintangi keadilan (obstruction of justice) dalam penyidikan pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, di PN Jakarta Selatan, Rabu (26/10/2022).

Di depan majelis hakim, Irfan Widyanto yang terakhir berpangkat AKP membantah sejumlah keterangan yang disampaikan oleh saksi Abdul Zapar selaku satpam Komplek Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Satpam Abdul Zapar menyatakan seusai terbunuhnya Brigadir Yosua pada 8 Juli 2022 Irfan menyatakan akan mengambil perangkat digital video recorder (DVR) kamera pengawas (CCTV) yang merekam kejadian di sekitar rumah dinas Ferdy Sambo karena akan diganti dengan perangkat lebih bagus.

“Saya tidak bilang agar lebih bagus tapi saya bilang saya dapat perintah dari pimpinan,” kata Irfan dalam persidangan di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu.

Baca Juga: Sehari Sebelum Dibunuh, Brigadir J: Kurang Ajar Saya Dituduh Bikin Sakit Ibu

Irfan juga membantah keterangan Zapar yang menyebut dia dihalang-halangi saat hendak melaporkan kepada Ketua RT saat peristiwa pergantian perangkat DVR CCTV tersebut.

“Saya keberatan terkait menghalangi untuk menghubungi ketua RT karena faktanya, ketika saya datang, saya mengizinkan untuk menghubungi,” tambah Irfan seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Irfan mengatakan Zapar kerap keluar masuk pos satpam ketika penggantian DVR CCTV berlangsung.

Baca Juga: Kejam! Sambo Menembak saat Brigadir J dalam Keadaan Sekaratul Maut

Hal tersebut, katanya, bisa ditanyakan ke saksi Tjong Djiu Fung alias Afung yang merupakan pemilik usaha CCTV.

“Terakhir, terkait tiga sampai lima orang, mohon dihadirkan untuk memastikan siapa yang menghalangi Saudara Zapar,” kata Irfan.

Dalam persidangan itu, Zapar memberikan kesaksian bahwa pada 9 Juli 2022 dia didatangi oleh Irfan bersama tiga hingga lima orang lain untuk meminta penggantian DVR CCTV dengan alasan ingin meningkatkan kualitas gambar.

Baca Juga: Patuhi Perintah FS, Arif Rachman Rusak Laptop Isi Rekaman Pembunuhan Brigadir J

“Dia jelaskan untuk memperbagus kualitas gambar,” kata Zapar di hadapan majelis hakim.

Zapar menjelaskan penggantian DVR CCTV harus melapor kepada ketua RT setempat terlebih dahulu.

Namun Zapar mengaku justru dihalang-halangi ketika hendak melapor ke ketua RT oleh pihak yang tidak ia kenal karena mengenakan masker.

Baca Juga: Jadi Saksi Sidang Bharada E, Keluarga Brigadir J tiba di Jakarta

“Setelah dia mau ganti DVR, saya keluar minta izin lapor ke RT, dan mereka datangi saya ‘Mau ke mana, Pak?’ Saya mau lapor RT karena kan mau ganti DVR. Katanya, ‘Sudah enggak usah, Pak, kita cuma mau perbagus gambar’,” kata Zapar menirukan dialog saat kejadian.

Zapar menambahkan dirinya akhirnya berada di luar pos saat Irfan dan rekan-rekannya mengganti DVR.

“Saat saya mau lapor Pak RT enggak jadi, terus saya enggak bisa bergerak, jadi di luar pos saja,” tambahnya.

Baca Juga: Bharada Eliezer: Saya Yakin Bang Yosua Tidak Melecehkan Putri Sambo

Seusai persidangan, kuasa hukum Irfan, Henry Yosodiningrat, membantah kesaksian Zapar yang mengaku dihalangi ketika hendak melaporkan penggantian DVR CCTV ke ketua RT setempat.

“Saya tanya siapa di antara orang-orang itu yang melarang, juga dia enggak bisa menyebutkan. Saya tanya, ada ancaman enggak, ternyata juga tidak ada ancaman. Artinya, saya menyimpulkan dari keterangan saksi satu ini tadi, bahwa mereka (terdakwa) datang tidak disertai dengan ancaman, tidak memaksa, tidak melarang untuk minta izin ke pak RT,” kata Henry.

Irfan disebut berperan sebagai pihak yang mengganti DVR CCTV di sekitar rumah dinas Ferdy Sambo tanpa dilengkapi surat tugas maupun berita acara penyitaan.



Baca Juga: Kuasa Hukum Keluarga Korban Sebut Putri Sambo Ikut Menembak Brigadir J

Perbuatan Irfan itu diduga melanggar ketentuan KUHAP dalam melaksanakan tindakan hukum terkait barang bukti yang berhubungan dengan tindak pidana.

JPU mendakwa Irfan dengan Pasal 49 jo Pasal 33 subsider Pasal 48 Ayat (1) jo Pasal 32 Ayat (1) UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP atau Pasal 233 subsider Pasal 221 Ayat (1) ke-2 jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Irfan adalah satu dari tujuh terdakwa kasus obstruction of justice terkait pembunuhan berencana Brigadir Yosua.

Baca Juga: Tudingan Putri Sambo Ikut Menembak Brigadir J Dibantah Keras

Enam terdakwa lainnya adalah Irjen Pol. Ferdy Sambo, Brigjen Pol. Hendra Kurniawan, Kompol Baiquni Wibowo, AKBP Arif Rachman Arifin, Kombes Pol. Agus Nurpatria Adi Purnama, dan Kompol Chuck Putranto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya