SOLOPOS.COM - Vino G. Bastian sebagai Wiro Sableng (Youtube)

Tokoh Wiro Sableng merupakan tokoh populer yang pernah diperankan lebih dari satu aktor.

Solopos.com, SOLO – Tokoh pendekar fiktif Wiro Sableng kini sedang ramai dibicarakan di media sosial (medsos). Hal itu karena promosi film Wiro Sableng yang akan dirilis 2018. Di film terbarunya ini, tokoh Wiro Sableng diperankan oleh Vino G. Bastian. Sebelum menjadi tanggung jawab Vino, tokoh Wiro Sableng sudah pernah diperankan setidaknya tiga aktor lain.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wiro Sableng merupakan cerita novel berseri yang pertama kali terbit pada 1967. Cerita petualangann Wiro mendapat respons positif dari pembaca. Karya Bastian Tito itu akhirnya diadaptasi ke film layar lebar pada 1988 – 1989. Tak hanya film layar lebar, adaptasi versi sinetronnya juga meledak pada tahun 1990-an hingga awal 2000-an.

Selama keberjalanan adaptasi tersebut, tokoh Wiro Sableng pernah diperankan oleh tiga aktor berbeda. Simak selengkapnya ketiga aktor tersebut di bawah ini:

Tonny Hidayat

Tonny Hidayat di poster Wiro Sableng Sengatan Satria Beracun (Jejak Andromeda)

Tonny Hidayat di poster Wiro Sableng Sengatan Satria Beracun (Jejak Andromeda)

Aktor Tonny Hidayat bisa disebut pemeran orisinal Wiro Sableng. Ia adalah orang pertama yang diberi kepercayaan untuk memerankan Pendekar 212 tersebut.

Meski tak banyak diketahui tentang biodata Tonny, laman Filmindonesia.or.id menyebutkan Tonny memerankan Wiro Sableng sebanyak delapan kali. Salah satunya di film Empat Brewok dari Goa Sanggreng yang rilis pada 1988.

Herning Sukendro (Ken Ken)

Abhie Cancer sebagai Wiro Sableng (Youtube)

Abhie Cancer sebagai Wiro Sableng (Youtube)

Setelah era Tonny Hidayat, mulailah era Henring Sukendro atau lebih dikenal dengan sebutan Ken Ken. Aktor ini cukup lama memerankan Wiro Sableng.

Di laman Wikipedia Ken Ken dicatat memerankan musim pertama serial Wiro Sableng episode 1-59.

Pada masa ketenaran serial Wiro Sableng, Ken Ken pun menjadi aktor kelas satu. Ia memiliki rumah mewah hingga mobil mewah.

Namun karena terjerat narkoba, Ken Ken harus mengalami kebangkrutan. Sempat viral pada 2015, selepas Wiro Sableng, Ken Ken memilih untuk menjadi petani di kawasan Bogor, Jawa Barat.

Abhie Cancer

Ken Ken sebagai Wiro Sableng (Youtube)

Ken Ken sebagai Wiro Sableng (Youtube)

Setelah masa Ken Ken sebagai Wiro Sableng berakhir muncullah penggantinya, Abhie Cancer. Aktor ini bermain di serial Wiro Sableng, ia melanjukan kiprah Ken Ken yaitu di Wiro Sableng episode 60-91.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya