AKTIVITAS MERAPI : Hujan Deras, Awas “Tol” Lahar Merapi di Kali Woro!

SHARE
AKTIVITAS MERAPI : Hujan Deras, Awas “Tol” Lahar Merapi di Kali Woro!
SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Istimewa/Akun Twitter BPPTG)

Solopos.com, KLATEN — Camat Kemalang, Bambang Haryoko, meminta masyarakat penambang galian C di alur Kali Woro tetap waspada. Pasalnya, intensitas hujan masih tinggi dan memungkinkan terjadinya lahar hujan susulan yang lebih besar.

Imbauan tersebut disampaikan setelah Kali Woro dipenuhi lahar hujan dengan intensitas di atas sedang beberapa hari lalu. Menurutnya, masyarakat tidak boleh larut dalam euforia kegembiraan akibat penuhnya Kali Woro dengan material pasir dan batu.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Pasalnya, saat ini wilayah lereng Merapi dan Klaten masih diguyur hujan dengan curah yang cukup deras. Kondisi tersebut memungkinkan terjadinya lahar hujan susulan yang lebih berbahaya. “Penambang dan masyarakat jangan terlalu merayakan panen raya karena lahar hujan kemarin. Tetapi, mereka juga harus waspada terhadap banjir susulan,” paparnya kepada wartawan di Kemalang, Selasa (11/3/2014).

Lebih lanjut, dia mengatakan di hulu Kali Woro  diperkirakan masih menyisakan cukup banyak material vulkanis Merapi. Dikhawatirkan, saat hujan lebat kembali menghanyutkan material vulkanis ke sepanjang alur Kali Woro. Pihaknya mengaku cemas dengan kegembiraan masyarakat yang berlebihan tersebut. Pasalnya, kegembiraan itu terkadang bisa membuat orang lupa akan kewaspadaan karena terlalu asyik menambang.

Apalagi, saat ini alur Kali Woro di beberapa titik juga sudah mulai penuh dengan material merapi. “Kali Woro yang penuh dengan material tersebut mempercepat aliran lahar hujan seperti lewat jalan tol,” katanya.

Menurutnya, masyarakat patut waspada mengingat Gunung Merapi terus menunjukkan aktivitasnya. Terakhir, gunung teraktif di Indonesia tersebut menyemburkan abu vulkanis setinggi 1.500 meter pada Senin (10/3/2014) pagi. Semburan itu mengakibatkan dua desa di Kecamatan Kemalang, yakni Sidorejo dan Balerante, diguyur hujan abu tipis.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago