SOLOPOS.COM - Ibu Negara, Iriana Joko Widodo menyempatkan diri berolahraga dan menikmati suasana car free day di Jl Slamet Riyadi, Solo, saat pulang kampung, Minggu (6/12/2015). Kehadiran Ibu negara tersebut tidak banyak diketahui warga karena tanpa pengawalan yang mencolok. (Sunaryo Haryo Bayu/Solopos/JIBI)

Aktivitas keluarga presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana dan sang putre saat pulang kampung salah satunya adalah berjalan pagi di car free day.

Solopos.com, SOLO-Sesosok perempuan dibalut kaus lengan panjang warna putih, celana hitam, dan jilbab pashmina kotak-kotak berjalan santai di car free day (CFD) Jl. Slamet Riyadi Ngapeman, Minggu (6/12/2015) pagi. Tangan sebelah kanannya memegang selebaran yang dibagikan salah satu pengisi acara di arena bebas kendaraan bermotor tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sembari berjalan, sesekali dia terlihat mengobrol ringan dengan dua perempuan yang berdiri di sebelah kirinya. Aktivitas yang tidak mencolok laiknya pengunjung lain membuatnya nyaris tak dikenali sebagai Ibu Negara.

Ekspedisi Mudik 2024

Iriana Joko Widodo (Jokowi), pagi itu mengisi kegiatan akhir pekannya dengan berjalan santai dengan penjagaan longgar menyusuri CFD. Ia ditemani kerabat dan putra bungsunya, Kaesang Pangarep, berjalan dari Ngapeman, menuju Nonongan, lantas kembali lagi ke Ngapeman.

Kaesang yang berdiri di belakang ibundanya, juga terlihat santai seperti pengunjung lainnya. Putra presiden yang menimba ilmu di Singapura ini berjalan-jalan dengan celana pendek dan kaus polos warna hitam. Rombongan kecil itu berjalan diiringi delapan anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamres) yang mengenakan pakaian olahraga.

Kakak kandung Iriana, Haryanto, yang ikut mendampingi jalan pagi di CFD rombongan Ibu Negara, mengatakan kegiatan tersebut dilakukan secara spontan. “Tadi mendadak Ibu [Iriana] ingin ke CFD. Ingin refreshing katanya. Mungkin sekalian nostalgia. Dulu sering diajak Bapak [Jokowi] jalan-jalan di sini,” terangnya ketika berbincang dengan solopos.com.

Anto, sapaan akrabnya, mengatakan kunjungan Ibu Negara ke Solo dalam rangka pulang kampung rutin. “Tidak ada acara khusus. Cuma kangen Solo. Ibu sudah lama enggak pulang saja. Kebetulan Kaesang yang baru pulang dari Singapura juga diajak ke sini. Kemarin [Sabtu (5/12)] datang dan siang ini saya antarkan ke bandara,” bebernya.

Keberadaan Ibu Negara pagi itu rupanya banyak tidak diketahui pengunjung CFD Jl. Slamet Riyadi. Wiwik Tri Indah Setyawati, 40, mengaku tidak mengetahui rombongan kecil yang baru saja melintas di depannya merupakan keluarga Presiden RI. “Wah, saya enggak tahu kalau itu Bu Jokowi,” akunya.

Senada dengan Wiwik, pedagang kaos kaki yang berjualan di kawasan Batari, Heru Santoso, 43, juga tidak menyadari ada rombongan keluarga Orang Nomor Satu melintas di depannya. “Enggak ngerti ada rombongan Ibu Presiden lewat. Padahal ini tadi lumayan sepi CFD-nyaMungkin warga banyak yang malas keluar rumah,” ujarnya.

Sementara itu, sejumlah petugas Dishubkominfo yang berjaga di sepanjang Ngapeman-Pasar Pon-Nonongan, juga tidak melihat rombongan Ibu Negara melintas.

“Katanya mau ke sini. Tapi dari tadi tidak ada rombongan [Ibu Negara] yang lewat,” tutur seorang petugas Dishubkominfo di Nonongan yang ditemui setelah rombongan melintas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya