top ear
Tangkap layar video alat berat menumbangkan pohon di hutan lindung Gunung Lawu, Karanganyar. (Facebook/Prast Filth)
  • SOLOPOS.COM
    Tangkap layar video alat berat menumbangkan pohon di hutan lindung Gunung Lawu, Karanganyar. (Facebook/Prast Filth)

Aktivis Tanam Pohon di Hutan Gunung Lawu yang Ditebang Pengusaha

Mereka mengusung tema Kami Tanam Lagi Apa yang Telah Kamu Robohkan.
Diterbitkan Minggu, 12/01/2020 - 07:30 WIB
oleh Solopos.com/
1 menit baca

Solopos.com, KARANGANYAR -- Sukarelawan dan lembaga sosial di Kabupaten Karanganyar memprotes aksi perusakan hutan di Gunung Lawu dengan menggelar aksi tanam pohon pada Minggu (12/1/2020).

Perusakan hutan Gunung Lawu di Kampung Dawuhan, Kelurahan Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, tepatnya di petak 45-2 RPH Tlogodlingo, BKPH Lawu Utara, membuat sejumlah pihak naik pitam. Mereka memprotes kegiatan pemotongan bukit menggunakan alat berat.

Kasus perusakan hutan ini ditangani Polres Karanganyar. Polisi juga telah menyelidiki dan memeriksa sejumlah orang sebagai saksi.

Di sisi lain, sejumlah sukarelawan dan lembaga sosial di Kabupaten Karanganyar bertindak. Mereka akan menggelar kegiatan berjudul Silaturahmi Akbar dan Penanaman Pohon #Jagalawu. Mereka mengusung tema Kami Tanam Lagi Apa yang Telah Kamu Robohkan. Kegiatan diisi dengan menanam bibit pohon di Bukit Mitis, Tawangmangu, Karanganyar.

Anggota Forum Rakyat Peduli Gunung Lawu, Wahyu Sigit alias Pinjal, menuturkan kegiatan tersebut terbuka untuk umum. Dia mempersilakan semua pihak yang peduli kelestarian hutan Gunung Lawu turun tangan.

"Bibit pohon akan ditanam di lokasi yang rusak beberapa waktu lalu. Ini aksi 'unjuk rasa' dengan menanam kembali bibit pohon di lokasi yang rusak," kata dia saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (11/1/2020).

 

Banner SBBI
Editor : Profile Adib M Asfar
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini