SOLOPOS.COM - Warga bersepeda melintas di Plaza Manahan, Solo, saat proses kulminasi matahari berlangsung, Kamis (10/10/2019). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satlantas Polresta Solo berencana menutup akses u-turn atau akses putar balik di Jl. Adi Sucipto tepatnya di depan Plaza Manahan saat pembangunan flyover Purwosari nanti.

Hal itu demi mengurangi beban arus lalu lintas di flyover Manahan dan kepadatan Jl. Adi Sucipto Solo sebagai rute alternatif.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Busroni, Sabtu (11/1/2020), mengatakan pembangunan flyover Purwosari melalui beberapa tahapan seperti pemindahan utilitas dan pohon hingga bulan Februari 2020.

Ekspedisi Mudik 2024

Penutupan arus lalu lintas dari arah barat ditutup menyesuaikan tahapan pengerjaan yakni pada Februari. Ia menjelaskan pengalihan arus itu diiringi pengaktifan alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) dan peniadaan rambu putar balik atau u-turn di Jl. Adi Sucipto.

“Simpang empat Polresta Solo itu untuk menahan supaya tidak ada beban berlebihan di flyover, kemungkinan Februari sudah aktif. Putar balik di depan Plaza Manahan saat ini masih diperbolehkan, tetapi nanti saat pengalihan arus otomatis Jl. Adi Sucipto jadi padat. Sehingga, untuk menghindari konflik arus lalu lintas silakan berputar di simpang empat Polresta Solo melalui Jl. K.S. Tubun atau Jl. Sam Ratulangi,” ujarnya mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol Andy Rifai.

Sebagai informasi, proyek median jalan permanen di Jl. Adi Sucipto kawasan Plaza Manahan selesai pada Desember lalu memberi ruang pengguna jalan dari arah timur atau flyover Manahan berputar balik di depan Plaza Manahan melalui sela-sela antarmedian jalan menuju Jl. M.T. Haryono atau bawah flyover. Sebelum pemasangan median jalan permanen, kawasan Plaza Manahan larangan putar balik berlaku.

Kepala Dinas Perhubungan Solo, Hari Prihatno, menjelaskan pada Selasa (13/1/2020) sosialiasi kepada masyarakat terkait pembangunan flyover Purwosari dan manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) digelar.

Viral Kondektur Ganteng KA Bandara Solo Jadi Rebutan untuk Berselfie

Ia menyebut bukaan jalan atau sela-sela putar balik di Jl. Adi Sucipto akan ditutup agar tidak terjadi pertemuan arus yang menghambat arus lalu lintas.

“Sebelum pekerjaan dimulai kami masif sosialisasi dahulu, sementara saat ini masih diperbolehkan putar balik. Setelah ditutup silakan berputar di simpang empat Polresta Solo,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya