SOLOPOS.COM - Ilustrasi (illustratiction.fr)

Akses Internet di Papua kini lebih cepat seperti di Jawa berkat beroperasinya SMPCS.

Solopos.com, MANOKWARI – Kecepatan akses Internet di Tanah Papua kini sama kencangnya dengan pulau Jawa setelah beroperasinya sistem jaringan tulang punggung pita lebar serat optik Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Alex J. Sinaga mengatakan sekitar 4,3 juta pelanggan layanan telekomunikasi suara dan data di Maluku dan Papua akan dilayani sistem jaringan ini.

Ekspedisi Mudik 2024

“Saat ini akan dilayani oleh sistem jaringan tulang punggung pita lebar serat optik dengan kualitas layanan yang tidak berbeda dengan di Pulau Jawa,” kata dia dalam siaran pers, Minggu (10/5/2015).

Alex menambahkan pembangunan kabel laut SMPCS merupakan bentuk persembahan perseroan dalam membangun Indonesia melalui pemerataan informasi dan komunikasi di seluruh pelosok yang terbentang dari barat hingga ke timur.

Hal ini, lanjutnya, sejalan dengan Nawa Cita ke-3, yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesaturan Republik Indonesia.

“SMPCS akan memperluas konektivitas dan meningkatkan kapasitas layanan data di daerah-daerah yang selama ini belum dilayani secara memadai. Keberadaan SMPCS penting untuk meningkatkan akses broadband untuk semua,” ujar Alex.

SMPCS merupakan pembangunan jaringan serat optik yang menjangkau 8 provinsi dan 34 kabupaten di Kawasan Timur Indonesia. Propinsi yang dijangkau meliputi Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat dan Papua.

Peresmian SMPCS akan dilakukan pada hari ini di kantor Telkom Manokwari Provinsi Papua Barat oleh Presiden Joko Widodo. Peresmian rencananya berlangsung pukul 15.30 WIT di kantor Telkom Kabupaten Manokwari Jl Merdeka Nomor 65 Manokwari Papua Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya