SOLOPOS.COM - Ilustrasi 5G (Youtube)

Akses Internet cepat 5G menghasilkan kecepatan data puncak 3,6Gbps.

Solopos.com, SOLO – Teknologi 5G adalah lompatan dalam bidang Internet cepat. Dalam sebuah uji coba, akses Internet 5G mencatat kecepatan mencengangkan, jauh mengalahkan 4G LTE.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilansir Antara mengutip laporan PhoneArena, Senin (12/10/2015), divisi jaringan Huawei bekerja sama dengan operator Jepang NTT DoCoMo untuk melakukan uji lapangan untuk layanan 5G di Jepang. Menggunakan pita (band) di bawah 6GHz, kedua perusahaan tersebut mampu menghasilkan kecepatan data puncak 3,6Gbps.

Hal terpenting dari uji coba itu adalah pita yang digunakan pada percobaan tersebut dapat digunakan dalam dunia nyata.

Sebelumnya, uji coba 5G juga telah dilakukan oleh Nokia dan Samsung. Namun, percobaan tersebut menggunakan pita yang akan membutuhkan infrastruktur yang benar-benar baru.

Lebih lanjut, uji coba 5G Huawei-NTT DoCoMo juga dilakukan di alam terbuka, di luar kondisi “antiseptik” dari laboratorium.

Industri nirkabel sendiri berharap 5G dapat diluncurkan dan mulai berjalan pada 2020 mendatang, meskipun bulan lalu Verizon menggembar-gemborkan bahwa 5G akan mulai dikomersialkan pada 2017.

Menurut ITU (International Telecommunication Union), kecepatan 5G harus mencapai 20Gbps. Sebagai perbandingan, jaringan 4G LTE Verizon pada Motorola DROIS Turbo hanya mendukung kecepatan download data 33Mbps. Film yang diunduh dalam hitungan menit, akan dapat diunduh dalam hitungan detik dengan 5G.

Verizon juga mengatakan bahwa akan melakukan uji coba lapangan 5G tahun depan. Untuk melakukan hal itu, perushaan nirkabel asal Amerika Serikat tersebut telah mulai bekerja sama dengan Alcatel-Lucent, Cisco, Ericsson, Nokia, Qualcomm dan Samsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya