SOLOPOS.COM - Warga dan perangkat Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar mengikuti acara Ngejip Bareng di desa setempat, Kamis (10/11/2022). (Istimewa/Pemerintah Desa Kemuning)

Solopos.com, KARANGANYAR — Desa Kemuning di Kecamatan Ngargoyoso merupakan salah satu desa wisata andalan di Kabupaten Karanganyar. Ada banyak spot dan fasilitas wisata di sini, salah satunya menjelajahi kebun teh menggunakan mobil jip.

Di kalangan wisatawan, wisata jip di Desa Kemuning cukup populer. Namun siapa sangka, warga Desa Kemuning sendiri justru belum pernah merasakan sensasi menjelajahi desa mereka menggunakan offroad itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menyadari hal itu, pemerintah Desa Kemuning berinisiatif memberikan pengalaman offroad kepada sebagian wargany, Kamis (10/11/2022), lewat kegiatan Ngejip Bareng. Kegiatan ini diikuti 200 peserta dari unsur pemerintah desa dan perangkatnya, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), pengurus RW, pengurus RT, warga yang berminat, dan keluarganya.

Ekspedisi Mudik 2024

Menggunakan 70 unit mobil milik komunitas jip setempat, mereka diajak menyusuri jalur-jalur yang biasa dilalui oleh wisatawan. Diawali dari Terminal Kemuning, rombongan menyusuri jalur ke Desa Segorogunung, Bumi Perkemahan Perhutani, kebun teh, Jimber Park, dan kembali lagi ke Terminal Kemuning.

Baca Juga: Balon Udara Kemuning Karanganyar akan Diikat dan Mengudara Selama 2 Hari

Peserta juga diajak melewati jalur sungai dan jalur offroad belumpur. Jarak yang mereka susuri sekitar 20 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

wisata jip desa Kemuning karanganyar
Warga dan perangkat Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar mengikuti acara Ngejip Bareng di desa setempat, Kamis (10/11/2022). (Istimewa/Pemerintah Desa Kemuning)

Salah satu peserta kegiatan, Wiryawan, mengatakan kegiatan tersebut memberikan pengalaman baru kepada peserta. “Meskipun di Kemuning ini ngejip sudah sangat popoler, tetapi warga sini masih banyak yang belum merasakan. Sehingga kemudian mereka diajak ngejip juga untuk memberikan pengalaman seperti yang biasa dinikmati wisatawan. Kegiatan Ngejip Bareng untuk warga Kemuning ini baru kali pertama dan gratis,” ujar Wiryawan yang juga Ketua Pokdarwis Desa Kemuning ini seusai kegiatan.

Ia menceritakan pengalamannya bahwa salah satu jalur yang menarik adalah jalur offroad. Di lokasi ini peserta dapat merasakan sensasi melewati jalan berlumpur dengan kendaraan terbuka. Seperti saat memasuki area kebun teh dan jalur sungai Jimber Park. “Lokasi jimber park berada di tengah kebun teh dan letaknya sekitar 1 km dari Terminal Kemuning ke arah barat,” imbuhnya.

Baca Juga: Sensasi Tanjakan Perih Paralayang Karanganyar, Curam Lur!

Sementara itu, Kepala Desa Kemuning, Widadi Nur Widyoko, juga ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Namun kali ini dia bukan sebagai peserta, melainkan sebagai pengemudi jip.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-55 Desa Kemuning, sekaligus mengenalkan wisata jip kepada masyarakat luas dan kepada warganya sendiri. “Dalam kegiatan ini, selain ngejip juga ada outbond dan makan bersama,” imbuh kades yang akrab disapa Yoko ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya