;

Akhirnya! Undip Gelar Wisuda Secara Luring, Perdana Sejak Pandemi

Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menggelar upacara wisuda secara luring atau dihadiri wisudawan untuk kali pertama sejak pandemi Covid-19.
SHARE
Akhirnya! Undip Gelar Wisuda Secara Luring, Perdana Sejak Pandemi
SOLOPOS.COM - Prosesi upacara wisuda ke-166 Univesitas Diponegoro (Undip) Semarang di Kampus Undip Tembalang, Selasa (17/5/2022). (Solopos.com-Humas Undip Semarang)

Solopos.com, SEMARANGUniversitas Diponegoro (Undip) Semarang akhirnya menggelar wisuda mahasiswa secara luring atau secara langsung dihadiri pesertanya semenjak pandemi Covid-19 melanda. Wisuda secara luring ini diikuti sekitar 1.504 wisudawan di Gedung Prof. Soedarto, Kampus Undip Tembalang, Kota Semarang, mulai Selasa-Jumat (17-20/5/2022).

“Mengawali wisuda ini saya selaku Rektor mengucapkan selamat kepada saudara-saudari yang baru saja diwisuda periode ke-166 baik sebagai Doktor, Magister, Spesialis, Profesi, Sarjana, Diploma 3, dan Diploma 4. Semoga saudara sukses dan tercapai apa yang dicita-citakan baik dunia maupun akhirat,” ujar Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama S.H., M.Hum, saat memberikan sambutannya, Selasa.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Yos mengatakan wisudawan Undip harus bangga dan bersyukur telah menempuh pendidikan di Undip. Hal ini dikarenakan saat ini sudah ada puluhan program studi (prodi) di Undip yang terakreditasi institusi internasional dan universitas pun terakreditasi A.

Selain itu, berbagai prestasi juga telah dicapai Undip baik di tingkat nasional maupun dunia. Bahkan, Undip saat ini masuk dalam daftar 30 universitas terbai dunia versi Greenmetric pada 2020 dan 2021.

Yos juga berpesan kepada para wisudawan agar terus menanamkan integritas dan keikhlasan. Dengan integritas, wisudawan diharapkan berkompetisi di dunia dengan cara-cara yang ksatria dan beretika.

Baca juga: Putra Mahkota Keraton Solo KGPH Puruboyo Ternyata Mahasiswa Undip

“Integritas juga bermakna ikhlas, artinya segala tindakan, perbuatan, ucapan kita, bukan semata untuk kepentingan pribadi kita. Tujuan utamanya, justru untuk membahagiakan orang lain sebesar mungkin.” ungkapnya.

Selain itu, wisudawan diharapkan terus tingkatkan kualitas dan terus berinovasi dalam segala hal baik urusan dunia maupun akhirat. Dalam kesempatan itu, Yos juga menyatakan bahwa Undip memberikan kesempatan kepada fresh graduate, kecuali PPDS untuk melanjutkan studi dengan uang kuliah sebesar yang dibayarkan saat kuliah S1, D3, dan D4, juga S2 ke S3.

“Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Upayakan untuk selalu berusaha membangun dan menghadirkan inovasi-inovasi sekecil apapun dalam setiap langkah kita, agar kehidupan semakin lebih baik. Seperti nasihat Ki Hadjar Dewantara: Niteni, Nirokke, Nambahi, Nemokke, dan itu semua bisa kita lakukan saat ini dan dari diri sendiri.” sambungnya.

Baca juga: Viral! Kisah Inspiratif Wisudawan Cumlaude Undip Pakai Jaket Ojol

Kepala Sekretariat dan Protokol Undip, Dr. Agus Suherman, mengatakan upacara wisuda kali ini diikuti 1.504 orang wisudawan, yang meliputi program Doktor 25 orang, Magister 197 orang, Spesialis 50 orang, Profesi 56 orang, Sarjana 1.097 orang, Sarjana Terapan 17 orang, dan Diploma sebanyak 62 orang.

“Sehingga jumlah lulusan Undip saat ini sudah mencapai 239.310 orang. Selain itu, pada wisuda kali ini terdapat 702 orang atau 46.68% di antaranya berpredikat Cumlaude”, ungkap Agus.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago