Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Akhirnya, BLT Sapu Jagat Karanganyar Tahap I Rp1,353 Miliar Cair

Pemkab Karanganyar akhirnya mencairkan BLT Sapu Jagat untuk ratusan penerima. Mereka menjanjikan ada penyaluran BLT tahap kedua sebelum akhir tahun dengan sasaran yang berbeda.
SHARE
Akhirnya, BLT Sapu Jagat Karanganyar Tahap I Rp1,353 Miliar Cair
SOLOPOS.COM - Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Ekbangkesra) Setda Karanganyar, Titis Sri Jawoto, secara simbolis menyerahkan BLT Sapu Jagat di Aula Bank Jateng Karanganyar pada Jumat (9/12/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar akhirnya mengucurkan bantuan langsung tunai (BLT) Sapu Jagat untuk meminimalkan dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Bantuan tahap I ini disalurkan kepada pelaku UMKM, ojek pangkalan, ojek online, sopir angkutan umum, dan warga tidak mampu, Jumat (9/12/2022). Lokasinya di di aula Bank Jateng Karanganyar. Total anggaran yang dikucurkan untuk bantuan tahap I senilai Rp1,353 miliar.

PromosiPromo Menarik, Nginep di Loa Living Solo Baru Bisa Nonton Netflix Sepuasmu!

Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Ekbangkesra) Setda Karanganyar, Titis Sri Jawoto, mengatakan BLT Sapu Jagat kali ini merupakan tahap pertama. Selanjutnya, dinas teknis diminta menyisir calon penerima yang sama sekali belum menerima bantuan pemerintah.

“Seluruh dunia sedang mengalami keterpurukan ekonomi karena pandemi Covid-19. Untuk Indonesia masih mengalami pertumbuhan ekonomi yang baik di banding negara lain,” katanya di sela penyaluran.

Baca Juga: Urung Disalurkan, Bantuan Rp498 Juta di Karanganyar Dikembalikan ke Negara

Titis mengatakan dalam pendataan calon penerima tahap II mendatang, OPD terkait diminta memasukkan pengusaha atau produsen tempe dan tahu. Bahan baku kedelai impor paling terdampak inflasi saat ini. Anggaran BLT Sapu Jagat ini telah ditetapkan di APBD Perubahan 2022.

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

Dana tersebut diambilkan dari Dana Transfer Umum (DTU) dengan komponen Dana Alokasi Umum dan Dana Bagi Hasil (DBH) sebesar 2 persen atau total senilai Rp4,7 miliar. BLT Sapu Jagad diberikan kepada warga miskin terdampak kenaikan harga BBM subsidi.

“Di tahap I ini baru dikucurkan Rp1,3 miliar. OPD terkait masih menyisir warga yang belum menerima. Dan akan disalurkan lagi sebelum akhir tahun anggaran nanti,” katanya.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Karanganyar, Sugeng Raharjo, mengatakan ada tiga OPD yang bertugas mendata calon penerima BLT Sapu Jagat. Mereka adalah Dinsos, Dinas Perdagangan Tenaga Kerja (Disdagnaker), dan Dinas Perhubungan (Dishub).

Kilas Balik 2022 - Emagz Solopos

Baca Juga: DPRD Karanganyar Pertanyakan Bantuan Sapu Jagat yang Belum Cair

Pada pencairan BLT kali ini, bantuan diberikan kepada 115 sopir angkutan umum @Rp750.000. Lalu 85 tukang ojek pangkalan dan ojek online 436 orang dengan nilai bantuan @Rp450.000.

Kemudian Dinsos menyalurkan kepada 1.597 keluarga penerima manfaat (KPM). Nilai bantaun diterima masing-masing Rp450.000. Selanjutnya Disdagnaker menyalurkan kepada 704 KPM dengan nilai bantuan Rp450.000 per orang. Jatah BLT tiga bulanan itu diterima via rekening Bank Jateng.



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode