SOLOPOS.COM - Ilustrasi wisatawan atau pengunjung Candi Borobudur. (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, MAGELANG — Pengunjung Taman Wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng), mengalami peningkatan pada liburan akhir tahun 2021 dibanding tahun sebelumnya, 2020.

Hal itu disampaikan General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, Aryono Hendro. “Masa ramai pengunjung akhir tahun periode 22-31 Desember 2021 di Candi Borobudur mencapai 48.107 orang. Sedangkan, periode yang sama 2020 mencapai 31.507 orang,” ujar Aryono Hendro, Sabtu (1/1/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Aryono Hendro menyebutkan beberapa faktor yang menyebabkan tingkat kunjungan wisatawan di Candi Borobudur meningkat pada penghujung tahun 2021. Salah satunya adalah penurunan status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kabupaten Magelang, yang saat ini berada di level 2.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Ini Dia Pengunjung Pertama Candi Borobudur di Tahun 2022

“Hal ini memberi peluang kunjungan naik dan akses untuk anak-anak sudah bisa masuk. Sedangkan saat liburan akhir tahun 2020 diberlakukan PPKM darurat, sehingga menekan kunjungan wisatawan. Untuk tahun ini agak longgar karena Kabupaten Magelang sudah level II,” katanya.

Ia berharap pertumbuhan sektor pariwisata tahun 2022 semakin membaik, tetapi pihaknya tidak menargetkan angka kunjungan. “Kami belum memungkinkan untuk menetapkan target, kami tetap mengikuti aturan-aturan main yang ditetapkan oleh pemerintah,” katanya.

Baca juga: Balon Warna-Warni Meriahkan Malam Tahun Baru di Candi Borobudur

Ia menyampaikan semoga PPKM Kabupaten Magelang terus membaik menjadi level 1 sehingga otomatis akan berdampak pada membaiknya sektor pariwisata. Penyelenggaraan kegiatan pariwisata di Kabupaten Magelang pun saat ini lebih longgar, meskipun protokol kesehatan tetap diperketat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya