SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi melanjutkan penguatan pada perdagangan akhir pekan, Jumat (9/9/2022) di tengah aksi beli investor asing.

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya menyampaikan pergerakan IHSG masih terlihat akan menguji level all time high-nya kembali.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Capital inflow yang terlihat masih terus berlangsung masih akan menjadi salah satu faktor pendorong kenaikan IHSG hingga beberapa waktu mendatang.

“Peluang kenaikan dalam jangka menengah maupun panjang masih terlihat cukup besar sehingga momentum koreksi masih dapat terus dimanfaatkan untuk melakukan akumulasi pembelian,” paparnya dalam publikasi riset seperti dilansir Bisnis.

Hari ini, IHSG diprediksi bergerak di rentang 7.123-7.278. Rekomendasi saham pilihannya adalah TLKM, BBRI, BBNI, TBIG, SMRA, WIKA, ASII, AKRA. Dalam riset berbeda, analis Samuel Sekuritas Indonesia William Mamudi menyampaikan IHSG (7,232) konsolidasi di kisaran resisten 7,230 dengan doji-doji berkepanjangan.

Baca Juga: IHSG Hari Ini Cenderung Sideways, Cermati Saham-Saham Berikut

Market cenderung masih volatil pada awal September 2022. “Untuk hari ini Analis Teknikal menyukai saham INKP, TPIA, ADMR dengan rating trading buy, DSNG dengan rating trading sell,” jelasnya.

HSG ditutup menguat di zona hijau sebesar 0,63 persen pada perdagangan hari ketiga pekan ini, Kamis (8/9/2022).

Saham BUMI, BBRI, BBCA, dan ADMR paling banyak diperjualbelikan. Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), pukul 15.01 WIB IHSG berada pada posisi 7.232,01 atau naik 45,26 poin.

Sepanjang perdagangan kemarin, IHSG berkutat di zona hijau pada rentang 7.277-7.204. Pada penutupan perdagangan, tercatat ada 276 saham menguat, 240 saham melemah, dan 182 saham stagnan alias tidak mencatatkan adanya perubahan.

Baca Juga: Ada Rencana Demo Tolak Kenaikan Harga BBM, IHSG Diprediksi Tertekan Terbatas

IHSG berpeluang mencapai level 7.290 pada perdagangan hari ini, Jumat (9/9/2022).

Tim Riset MNC Sekuritas mengatakan, apabila IHSG belum mampu bergerak menguat ke atas 7.287 maka posisi IHSG saat ini sedang berada di awal wave Y pada bearish scenario (label hitam).

“IHSG rawan koreksi untuk menguji rentang area 6.923-7.122 terlebih dahulu,” tulis Tim Riset MNC Sekuritas, Jumat (9/9/2022).

Apabila IHSG mampu menembus 7.287 maka IHSG sedang berada pada bagian dari wave [v] dari wave 1 pada label merah untuk menguji kembali level 7.355.

Adapun pergerakan IHSG hari ini diperkirakan berada pada rentang 7.215-7.290, dengan level support 7.070, 7,015 dan resistance 7.287, 7.355. Berikut saham pilihan MNC Sekuritas untuk perdagangan hari ini: BBRI, EXCL, INDF, dan LPPF.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya