Akhir Pekan, Arus Lalu Lintas di Solo Padat Merayap

Arus lalu lintas di sejumlah lokasi di Kota Solo terpantau padat merayap saat libur akhir pekan.

Kurniawan
Sabtu, 16 Oktober 2021 - 21:47 WIB

SOLOPOS.COM - Kondisi arus lalu lintas di Flyover Purwosari Solo, Sabtu (16/10/2021) petang, padat merayap. (Solopos.com-Mariyana Ricky)

Solopos.com, SOLO — Arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan protokol di Kota Solo terpantau padat merayap pada akhir pekan ini, atau sepanjang Sabtu (16/10/2021) pagi hingga malam.

Diduga para pengguna jalan dalam perjalanan berwisata atau jalan-jalan memanfaatkan libur akhir pekan. Pada Sabtu pagi volume kendaraan di kawasan Palang Joglo, Banjarsari, hingga sepanjang Jl. Kapten Piere Tendean terpantau cukup padat.

Kondisi yang sama terjadi di Jl. Ahmad Yani hingga Jl. S. Parman dan Jl. Gajah Mada. Pada siang hari volume kendaraan yang melintas sedikit berkurang. Namun pada sore hingga malam hari volume kendaraan kembali mengalami peningkatan.

Seorang pengguna jalan, Ricky, menjumpai kepadatan arus kendaraan mulai dari Lampu Merah Kleco sore hari. “Dari Bangjo Kleco kondisi sudah padat. Kondisi arus padat terjadi hingga Bangjo Faroka dan Flyover Purwosari,” tutur dia.

Baca juga: Akhir Pekan Jelang HUT RI, Lalu Lintas Jalan Solo-Jogja Ramai Lancar

Tak sampai situ saja, Ricky juga mendapati kepadatan arus lalin saat melintas di Jl. Hasanudin. Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishub Solo, Mudu Prayitno, mengaku belum bisa memantau arus lalin dari CC Room yang sedang dimigrasikan.

Tapi dia mengakui sejak level PPKM Solo turun dari level 3 ke level 2 terjadi peningkatan mobilitas masyarakat pada akhir pekan. Masyarakat memanfaatkan waktu libur untuk berjalan-jalan di pusat perbelanjaan maupun tempat pariwisata.

“Ini CC Room kami masih dalam proses migrasi, sehingga kami tidak bisa memantau kepadatan arus menggunakan itu. Tapi kami sudah antisipasi dengan mengerahkan tim patroli untuk memantau kepadatan arus lalin di sejumlah lokasi,” ujar dia.

Mudo mengakui belum berfungsinya CC Room membuat jajarannya kurang maksimal dalam memantau kepadatan arus lalin. Sehingga dia berharap proses migrasi CC Room dari gedung lama ke gedung baru bisa selesai sesuai jadwal.

Baca juga: Sopir Ugal-ugalan, Bus Sugeng Rahayu Tabrak Bus Mira dan Motor di Ngawi

Senada disampaikan Kabid Lalin Dishub Solo, Ari Wibowo. Menurut dia, adanya migrasi CC Room dari gedung lama ke gedung baru, server Dishub Solo beserta seluruh jaringannya dipadamkan 10 hari.

Pemadaman dilakukan mulai 8 Oktober 2021 hingga 18 Oktober 2021. Walau tak bisa memantau menggunakan CC Room, Ari mengakui arus lalu lintas terpantau padat di beberapa lokasi, saat akhir pekan, seperti di Jalan Slamet Riyadi Solo dan Perempatan Warung Pelem.

“Info dari teman-teman kami yang melakukan patroli kota [kepadatan lalin] terpantau di Kerten, Purwosari, Gendengan, Nonongan, Warung Pelem, serta beberapa central bussiness dictrict [CBD] seperti Pasar Gede dan Pasar Klewer,” urai dia.

Ari mengimbau masyarakat yang beraktivitas di luar rumah atau bepergian, tidak abai dengan protokol kesehatan (prokes).

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif