SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA–Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Publik akan segera terbit akhir bulan ini.
Menteri Perindustrian M.S Hidayat mengatakan semua proyek infrastruktur diharapkan bisa segera dieksekusi. Apalagi, ujarnya, selama ini ketersediaan infrastruktur menjadi salah satu kebutuhan untuk memacu pertumbuhan ekonomi.
“PP [PP tentang Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Publik] itu akan terbit akhir bulan ini. Semua proyek infrastruktur diharapkan bisa segera jalan,” tuturnya pekan lalu.
Ketua DPN Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Chris Kanter mengatakan PP tersebut memang mendesak untuk segera diterbitkan. “Sudah lebih dari 3 bulan, akhirnya PP itu terbit juga,” ujarnya.
Menurutnya, ada peluang yang hilang karena proyek-proyek infrastruktur terkendala pembebasan lahan. Selama ini, strategi pemerintah sudah bagus, termasuk memetakan dan menentukan industri yang diunggulkan untuk pertumbuhan ekonomi. “Yakni, sektor-sektor dengan nilai tambah. Namun, masalah infrastruktur ini menjadi kendala,” katanya.
Oleh karena itu, tegas Chris, proyek-proyek pembangunan infrastruktur harus diimplementasikan segera. Dia menegaskan insentif perlu diberikan secara langsung untuk mengimplementasikannya. “Soal mekanismenya dan berapa nilainya, itu bisa diatur,” tuturnya.
Melalui Komite Ekonomi Nasional (KEN ), pihaknya mengusulkan 19 rekomendasi kepada pemerintah, salah satunya mengenai infrastruktur. “Itu dilakukan agar proyek infrastruktur bisa di-bundling, yakni lahannya ada, tetapkan, dan izinnya sudah ada,” jelasnya.(api)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya