Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Akan Ada Tangga ke Puncak Lawu, Ternyata Gunung Ini Sudah Punya Duluan

Ide membuat tangga ke puncak gunung seperti yang akan dilakukan Bupati Karanganyar di Gunung Lawu bukanlah hal baru. Gunung di Jawa Barat ini sudah lebih dulu memilikinya.
SHARE
Akan Ada Tangga ke Puncak Lawu, Ternyata Gunung Ini Sudah Punya Duluan
SOLOPOS.COM - Tangga menuju bibir kawah di Gunung Galunggung, Jawa Barat. (Instagram/@galunggung_official)

Solopos.com, KARANGANYAR — Bupati Karanganyar, Juliyatmono, tahun ini akan membangun tangga menuju puncak Gunung Lawu. Ternyata, ide membangun tangga menuju puncak gunung bukanlah hal baru.

Gunung Galunggung di Tasikmalaya, Jawa Barat, lebih dulu memiliki tangga yang bisa mengarahkan pendaki menuju bibir kawah. Gunung yang tingginya 2.168 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu memiliki 620 anak tangga hingga ke puncak.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

tangga gunung lawu
Tangga menuju bibir kawah di Gunung Galunggung, Jawa Barat. (Instagram/@galunggung_official)

Menurut wikipedia, Gunung Galunggung memiliki dua puncak, yakni Puncak Dinding Ari dan Puncak Beuticanar. Puncak Beuticanar menjadi yang tertinggi dengan ketinggan 2240 mdpl. Kedua puncak tersebut dapat dijangkau dengan cara mendaki melalui jalur yang tersedia.

Seperti diberitakan, Gunung Lawu bakal jadi gunung yang spesial jika rencana Bupati Karanganyar, Juliyatmono, membuat tangga menuju puncak terealisasi. Dengan ketinggian 3.265 meter di atas permukaan laut (mdpl), bakal butuh tangga yang panjang untuk bisa menuju puncak Gunung Lawu.

Baca Juga: Tangga Menuju Puncak Gunung Lawu Bakal Segini Panjangnya

Lantas kira-kira berapa panjang tangga menuju puncak lawu itu? Menurut Bupati Juliyatmono, tangga yang akan ia bangun panjangnya sekitar 12 km.

Tangga itu akan dibangun di jalur pendakian pos Cemoro Kandang, Tawangmangu. Seperti diketahui, ada tiga jalur pendakian menuju puncak lawu. Dua jalur pendakian lainnya yakni lewat Candi Cetho di Jenawi, Karanganyar; satu lainnya di Cemoro Sewu di Plaosan, Magetan.

Bupati menjamin pembangunan tangga menuju puncak Lawu itu tak akan merusak hutan. “Tangga dibuat dengan bebatuan. Batu-batu di sekitar lokasi. Jadi tidak akan merusak alam,” tuturnya kepada wartawan, Rabu (22/6/2022) lalu.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode