SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibu bermain dengan anak. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Untuk bisa bertahan hidup dan sukses di lingkungan yang berbeda, maka penting sekali orang tua untuk ajari anak tiga keterampilan dasar. Simak ulasannya di tips parenting kali ini.

Ppsikolog dan Co-Founder TigaGenerasi Saskhya Aulia Prima mengatakan ada tiga keterampilan yang harus dikembangkan oleh anak. Tiga keterampilan itu yakni kemampuan kognitif dan metakognitif, kemampuan sosial dan emosional, dan kemampuan fisik dan praktikal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Untuk mendorong perkembangan ini, orang tua dapat memberikan anak ruang dan waktu untuk menjelajahi minat mereka, mendorong mereka menyuarakan pendapat, mengajari cara mengomunikasikan perasaan, melibatkan mereka dalam proyek kolaboratif, serta mendorong mereka untuk melakukan berbagai aktivitas fisik,” kata Saskhya dalam webinar Future Skills for Children, seperti dikutip dari Antara pada Kamis (24/3/2022).

Baca Juga: Berhenti Membandingkan Anak Kita

Untuk ajari tiga keterampilan itu pada anak, dibutuhkan kesabaran orang tua. Misalnya melatih kemampuan kognitif dan metakognitif, orang tua dapat mengajak anak untuk berdiskusi dan menyampaikan pendapat sejak dia bisa mulai berbicara.   Sebagai contoh, anak usia dua tahun bisa diajak terlibat memilih satu dari dua makanan yang ingin dia makan. Jika anak masih bayi, kemampuan ini dilatih sesederhana mengajak anak berbicara dan menyebutkan benda-benda di sekitarnya.

Perlu juga memberi ruang dan waktu untuk menjelajahi minat mereka. Berikan anak kebebasan untuk mengeksplorasi kreativitasnya. Tantangan bagi orang tua adalah harus sabar dalam menunggu proses anak dan bisa mengasuh dengan lebih mindful. Kadang kala orang tua tak sabar ketika menunggu anak menyelesaikan pekerjaan yang menurut orang dewasa sepele, seperti menggunting kertas.

Saskhya mengingatkan orangtua untuk menahan diri untuk membantu agar anak kelak bisa mandiri dalam menyelesaikan masalah.

“Tunggu dulu, kalau mau bantu pakai ‘mulut’ dulu, kasih instruksi saja. Tunggu waktu seberapa pun geregetannya kita, itu akan berguna buat anak,” ujar dia.

Baca Juga:  Setelah Cerai, Mawar AFI Fokus Kepada Kehidupan Anak

Menurutnya menambahkan anak yang terlalu banyak diatur sejak kecil dapat kesulitan untuk membuat pilihan kelak. Untuk mendorong perkembangan sosial dan emosional, biasakan anak mengomunikasikan perasaannya secara sehat. Ketika anak marah, tahan rasa jengkel dan beri pengakuan serta validasi atas perasaannya. Dari situ, anak dapat belajar bahwa perasaan bisa diungkapkan secara baik-baik.

“Orang tua perlu jadi pendengar kalau anak sedang mengungkapkan perasaannya, jangan dipotong,” pesan dia.

Libatkan juga anak dalam kegiatan yang butuh kerja sama dengan orang lain, misalnya mengajak anak melakukan proyek bersama adik dan kakaknya di rumah atau bersama teman-temannya secara daring.  Orang tua juga berperan sebagai panutan anak soal keterampilan sosial dan emosi yang baik. Jadilah contoh yang baik dalam menampilkan emosi.

“Perhatikan bagaimana anak saat marah, mungkin sekali anak mengikuti kita,” katanya.

Untuk mengembangkan kemampuan fisik dan praktikal, orang tua dapat melatih anak melakukan hal-hal seperti memakai baju sendiri dan mengambil air minum sendiri. Eksplorasi juga kegiatan seperti musik, seni dan olahraga yang menggunakan motorik halus. Bantulah anak untuk membantu dirinya sendiri sebisa mungkin.

“Kita harus berpikir kita membesarkan orang dewasa tapi masih anak-anak karena tujuannya kalau kita tidak ada, mereka sudah lebih siap untuk jadi pembelajar terus menerus,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya