SOLOPOS.COM - Produsen Michelin. (Antara/HO)

Solopos.com, JAKARTA — Pemasok ban untuk gelaran seri MotoGP, Michelin, menyediakan 30 jenis spesifikasi ban untuk digunakan para pembalap di ajang MotoGP pada 18-20 Maret, di sirkuit Mandalika. Musim tahun lalu, Michelin menyediakan 41 pilihan ban.

Michelin Two Wheels Motorsport Manager Piero Taramasso mengatakan tim teknis Michelin Motorsport bekerjasama dengan para rider memilih ban paling multi-fungsi dan mengeliminasi ban-ban yang dianggap terlalu spesifik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Keputusan penyederhanaan jenis ban dilakukan melalui diskusi dengan para pembalap dan tim. Menurut perusahaan, penyederhanaan tersebut tetap mempertahankan tingkat performa yang sama dengan musim sebelumnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Kedatangan Logistik MotoGP Mandalika di Bandara Lombok

“Perampingan ini lebih memudahkan tim peserta untuk memilih tipe ban yang tepat, juga membantu mengurangi dampak lingkungan karena bahan baku yang digunakan berkurang. Jumlah yang diproduksi juga turun sehingga lebih sedikit ban yang akan disimpan dan didaur ulang setelah digunakan,” kata Taramasso melalui siaran pers, dikutip dari Antara Jumat (11/3/20220).

Adapun total ban yang akan disediakan berjumlah 1.200 ban untuk setiap sirkuit balapan. Para rider akan menerima 28 ban pada setiap ajang balap, terdiri dari 15 ban depan dan 13 roda belakang. Mereka hanya diperbolehkan untuk menggunakan maksimal 10 ban depan dan 12 ban belakang dengan total 22.

Baca juga: GP Qatar Selesai, Saatnya MotoGP Berlanjut ke Sirkuit Mandalika

Para rider dibebaskan untuk menyusun komposisi alokasi ban depan dengan memilih maksimal lima ban dari setiap spesifikasi Soft, Medium, dan Hard. Untuk ban belakang, para rider dapat memilih maksimal enam ban Soft, empat ban Medium, dan tiga ban Hard.

Para rider yang lolos dari babak kualifikasi Q1 dan Q2 akan mendapat ban depan tambahan yang dapat mereka pilih dari tiga spesifikasi yang tersedia. Serta satu tambahan ban belakang jenis Soft di MotoGp Indonesia.

Sementara untuk ban hujan, para rider akan mendapatkan alokasi 15 ban hujan yang terdiri dari tujuh ban depan dan delapan ban belakang. Ban ini dapat digunakan selama latihan bebas, babak kualifikasi, pemanasan, dan ajang balap utama, dengan maksimal penggunaan enam ban depan dan tujuh ban belakang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya