SOLOPOS.COM - Nelayan di Kendal, Jawa Tengah, saat melaut di Laut Jawa. (Detik.com)

Solopos.com, KENDAL — Para nelayan di wilayah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, konon memiliki kemampuan khusus. Mereka disebut-sebut mampu mendengar suara ikan. Keahlian ini dipakai untuk mencari kawanan ikan sebelum menjaring.

Dilansir dari Detik.com, Kamis (14/10/2021), Kusnadi merupakan salah satu nelayan asal Desa Gempolsewu, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, yang memiliki kemampuan tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia melaut sebagai nelayan saat libur bertugas sebagai mandor kapal di salah satu perusahaan yang menaunginya. Dia melaut secara berkelompok dengan anaknya dengan jarak tempur 1-2 km dari bibir pantai ke Laut Jawa.

Baca juga: Demak Terancam Tenggelam, Tapi Krisis Air Bersih, Kok Bisa?

Mereka sering kali melaut pada pagi hari untuk menjaring ikan pelagis yang biasa muncul di permukaan laut. Setelah tiba di lokasi, Kusnadi mematikan mesin kapal.

Mereka kemudian menajamkan pendengaran untuk mendengarkan suara ikan guna menentukan lokasi menebar jaring. Sesekali Kusnadi dan teman-temannya berenang bergantian di sekitar kapal untuk mencari lokasi kawanan ikan yang diburu.

Kusnadi mengatakan kemampuan ajaib itu hanya dimiliki segelintir nelauan di Gempolsewu, Kendal. Setelah menemukan suara ikan, barulah jaring ditebar sebagai jebakan.

Jika sedang beruntung, dia bisa mendapatkan 1 kuintal ikan. Kebanyakan yang terjaring biasanya jenis ikan kembung.

Baca juga: Batik Pewarna Lumpur di Kendal Pikat Taj Yasin, Ini Tempat Pembuatannya

Kusnadi mengaku kemampuan ajaibnya mendengarkan suara ikan sempat membuat heran nelayan lain. Sebab, selama berlayar dia mengaku jarang mengalami kendala teknis.

Cara tradisional itu masih dipertahankan guna memelihara ekosistem laut. Tidak seperti kebanyakan nelayan lain yang memakai alat tangkap arad. Setelah mendapatkan tangkapan ikan yang cukup, Kusnadi dan teman-temannya merapat ke daratan. Biasanya mereka pulang saat tengah hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya