SOLOPOS.COM - Tim penyelamat berpacu melawan waktu untuk mencari korban gempa di Turki. (Detik.com/Getty Images)

Solopos.com, JAKARTA -- Keajaiban terjadi dalam upaya penyelamatan korban gempa Turki. Tim penyelamat berhasil menyelamatkan gadis berusia tiga tahun setelah tertimbun reruntuhan.

Otoritas darurat Turki AFAD mengatakan, Elif Perincek yang berusia tiga tahun diselamatkan 65 jam setelah gempa Magnitudo 7 mengguncang Turki dan Yunani pada Jumat (30/10) lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Media lokal menunjukkan video seorang gadis kecil yang terbungkus selimut foil. Balita tersebut dengan cepat dibawa ke tempat aman di kota pesisir Bayrakli, yang paling parah terkena gempa Turki. Tampak para petugas penyelamat bertepuk tangan.

Topan Goni Landa Filipina, 16 Orang Tewas & Puluhan Ribu Rumah Rusak

"Saya sangat senang, Tuhan memberkati kamu. Saya bertemu kembali dengan Elif," kata neneknya, dikutip oleh media TRT. "Doa saya terkabul," imbuhnya seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (2/11/2020).

Elif adalah orang ke-106 yang dikeluarkan hidup-hidup dari puing-puing bangunan di Bayrakli. Ibu dan tiga saudara kandungnya sehari sebelumnya juga ditemukan selamat dalam gempa Turki  tersebut. Tetapi saudara laki-lakinya yang diselamatkan kemudian meninggal, TRT melaporkan.

Hanyut di Sungai Belik Pucung Wonogiri, Jasad Harni Belum Ditemukan

Gempa Susulan

AFAD juga melaporkan penyelamatan bocah Idil Sirin yang berusia 14 tahun di Bayrakli, 58 jam setelah gempa meratakan bangunan di Turki dan Yunani.

Tetapi kegembiraan keluarga itu singkat ketika jasad adik perempuan Idil, Ipek, ditemukan, demikian dilaporkan surat kabar Hurriyet.

Korban jiwa akibat gempa terus meningkat. Menurut Menteri Lingkungan Hidup Murat Kurum, sejauh ini telah dilaporkan 83 orang tewas.

24 Orang Tewas dan 800 Korban Terluka Akibat Gempa Turki

Dilansir dari Detik.com, hampir 1.000 orang terluka, dengan lebih dari 200 orang masih di rumah sakit akibat gempa Turki.

Dua remaja juga tewas dalam perjalanan pulang dari sekolah di Pulau Samos, Yunani, dekat pusat gempa.

Ribuan penduduk, termasuk mereka yang rumahnya runtuh, menghabiskan malam ketiga di luar tenda di Bayrakli dan di dekat Bornova, karena banyak yang mengkhawatirkan risiko gempa susulan.

AFAD mengatakan telah terjadi 1.148 gempa susulan, termasuk 43 gempa berkekuatan empat SR.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya