SOLOPOS.COM - Indonesia Bersholawat

Solopos.com, SOLO — Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, bersama Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf, menggelar kegiatan Indonesia Berselawat secara virtual, Sabtu (14/8/2021) malam.

Kegiatan dalam rangka memeriahkan Tahun Baru 1443 Hijriyah dan HUT ke 76 Kemerdekaan RI tersebut mengambil tema Merdeka dan Hijrah dari Covid-19. Turut hadir sejumlah anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam sambutannya, Airlangga mengajak seluruh bangsa Indonesia mensyukuri nikmat kemerdekaan. Salah satunya dengan berselawat, berzikir, dan berdoa secara khusyuk agar pandemi Covid-19 berakhir.
Dia juga mengajak umat Islam untuk meneladani akhlak mulia Rasulullah SAW.

“1 Muharam merupakan titik awal dari episode perjalanan Rasulullah SAW dalam membangun masyarakat yang Islami,” ungkap dia.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Di Solo, Airlangga Serahkan Bantuan 10.000 Paket Sembako

Menurut Airlangga 1 Muharam juga merupakan momentum pembebasan umat Islam dari belenggu intimidasi, cerminan dari peradaban Islam yang egaliter. Ahli sosiologi Barat menyebut sebagai masyarakat modern.

“Hijrah Rasulullah ke Madinah membawa perubahan signifikan dalam sejarah umat Islam. Di Madinah umat Islam mampu membangun tatanan umat bersendikan tolong menolong, kesetaraan dan keadilan,” urai dia.

Airlangga juga menyebut adanya Piagam Madinah yang menjadi dasar kesepakatan bersama dalam membangun interaksi sosial kemasyarakatan dan kenegaraan. Piagam itu mengakui perbedaan dan menjunjung toleransi.

Baca juga: Merti Dusun Butuh Sragen Wujud Syukur dan Tolak Balak

Airlangga dan Penanganan Covid-19

Sebuah piagam yang menurut Airlangga membawa pesan Islam sebagai rahmatan lil alamin, sehingga menyebar ke berbagai penjuru dunia. Piagam itu menurut Airlangga memiliki kesamaan dengan Pancasila.

“Pancasila di dalamnya mengandung nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Musyawarah dan Keadilan sosial, yang harus kita jadikan sebagai ruh dan spirit bagi jalannya kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata dia.

Pancasila mengandung nilai-nilai kebangsaan, gotong royong, kekeluargaan, kerjasama dan kesetiawakan sosial yang harus dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya agar tercipta kedamaian bangsa.

Baca juga: Masih Rendah, Capaian Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama Sukoharjo Baru 19,8%

Airlangga menyinggung kondisi pandemi Covid-19 di Tanah Air. Dia mengajak bangsa Indonesia tidak menyurutkan semangat dan optimisme. Dengan ikhtiar dan kerja keras dia yakin bangsa Indonesia keluar dari pandemi.

Apalagi indikator perekonomian Indonesia saat ini tumbuh 7,07 persen di kwartal kedua tahun 2021. “Ini merupakan tanda kit sudah berhasil keluar dari krisis dan resesi. Kita harus terus berjuang agar bisa bertahan,” seru dia.

Bentuk perjuangan itu dengan meningkatkan etos kerja, dan penggunaan teknologi sebagai prioritas. “Sekarang saatnya kita berhijrah menuju lompatan kemajuan bangsa, menuju kemerdekaan dari Covid-19,” terang dia.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya