SOLOPOS.COM - Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto (istimewa)

Solopos.com, BANJARBARU – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi Pemerintah Provinsi (Pempro) Kalimantan Selatan (Kalsel) yang memanfaatkan hasil panen petani untuk membantu warga yang sedang isolasi mandiri.

Apalagi selama pandemi tahun 2020-2021, sektor pertanian tercatat mampu bertahan dan tumbuh positif. Produk Domestik Bruto (PDB) sektor pertanian pada tahun 2020 tercatat sebesar 1,75%. Kemudian pada Triwulan I tahun 2021 sebesar 2,95%.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Saat berkunjung ke Kalsek, Jumat (20/8/2021), Airlangga Hartarto meninjau pertanian komoditas tanaman hortikultura. Dia juga menyempatkan diri untuk berdialog dengan para petani.

Baca juga; 26 WNI Berhasil Dievakuasi dari Afganistan, Salut Buat Menlu Retno dan TNI AU

Menko Airlangga juga ikut memanen hasil pertanian berupa cabai tumpang sari dan melon dengan para petani. Mereka tergabung dalam Kelompok Tani Ngudi Rahayu dari Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru. Jumlah anggotanya sebanyak 30 orang dengan luas lahan tanaman 28 Ha.

Semua hasil panen dari petani ini dibeli oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel dengan harga di atas harga pasar. Ini untuk membantu pemasaran hasil panen para petani, terutama masa pandemi Covid-19.

Hebatnya lagi, lanjut Airlangga, hasil panen petani tersebut didistribusikan Pemprov Kalsek ke masyarakat yang terpapar Covid-19 dan tengah isoman.

“Saya sangat mengapresiasi Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Pemprov Kalsel karena tanggap dan hadir membantu petani. Apalagi, hasil panen disumbangkan kepada masyarakat yang sedang isoman. Mereka yang terpapar Covid-19 sedang berjuang untuk pulih dan membutuhkan asupan gizi,” terang Menko Airlangga.

Baca juga: Ekonomi Membaik, Airlangga Hartarto Optimistis Kesejahteraan Rakyat Indonesia Terwujud

Menko Airlangga dan Kesejahteraan Petani

Airlangga Hartarto panen 2
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto (istimewa)

Menko Airlangga pun mendorong penguatan ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani menjadi perhatian pemerintah setempat. Sektor pertanian merupakan salah satu sektor esensial untuk menjaga bangsa dan negara.

“Saat pandemi seperti ini, saya berharap program-program di sektor pertanian terus dioptimalkan implementasinya. Terutama dalam hal menyejahterakan petani,” tutur Airlangga.

Baca juga: Semua Vaksin Sama Baiknya, Ahli Minta Warga Tidak Menunda Vaksinasi

Airlangga yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) meyakini sinergi dan koordinasi yang baik. Antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, TNI, POLRI, dan Masyarakat, Indonesia bisa segera keluar dari pandemi dan memulihkan ekonomi.

Kegiatan berdialog dengan petani merupakan rangkaian kunjungan kerja Menko Airlangga ke Kalimantan Selatan. Sebelumnya juga telah meninjau pelaksanaan vaksinasi di GOR Hasanuddin. Juga fasilitas isolasi terpusat di Balai Pelatihan Kesehatan Kalimantan Selatan. Serta meninjau desa percontohan penerapan protokol kesehatan di Citra Garden City Sungai Ulin. Menko juga memimpin rapat koordinasi pengendalian dan penanganan Covid-19 di Provinsi Kalimantan Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya