[x] close
Air Terjun Sepletuk Pati, Surga Tersembunyi di Balik Gunung Wungkal
Solopos.com|jateng

Air Terjun Sepletuk Pati, Surga Tersembunyi di Balik Gunung Wungkal

Setiap menjelang puasa, banyak orang datang ke Air Terjun Sepletuk untuk melakukan ritual pembersihan diri agar memperoleh kekuatan dalam menjalankan ibadah puasa.

Solopos.com, PATI  --- Air Terjun Sepletuk berada di kawasan hutan yang masih asri di mana ekosistem alami masih terjaga. Di kawasan air tejun ini masih ditemukan sekelompok kera serta burung-burung langka yang  ada di Kabupaten Pati dengan keindahan alam yang berbentuk terasiring.

Sebagai upaya keselamatan, untuk mengakses air tejun ini, dianjurkan menggunakan jasa  pemadu dari masyarakat desa setempat, yaitu Desa Sentul karena penduduk setempat memiliki kendaraan trail yang sudah sesuai dengan medan menuju lokasi air terjun.

Mengutip dari Direktoripariwisata.id, Rabu (9/6/2021), setiap menjelang puasa, banyak orang datang ke Air Terjun Sepletuk untuk melakukan ritual pembersihan diri dengan tujuan untuk memperoleh kekuatan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan, sementara masyarakat sekitar percaya apabila mandi di air terjun tersebut akan membawa berkah kemudahan untuk menemukan jodoh serta awet muda.

Baca Juga : Desa Jrahi, Wujud Keharmonisan Indonesia Mini di Pati

Air Terjun Pati 2(Instagram_@patiem_)
Air Terjun Pati 2(Instagram/@patiem_)

Nama Sepletuk sendiri berasal dari frasa Bahasa Jawa yang berbunyi Kesengsem ndang kepetuk jodoh dalam Bahasa Indonesia berbunyi ‘segera ingin cepat bertemu jodohnya.’ Salah satu perangkat desa bernama Handoko mengatakan bahwa pemerintah Desa Sentul serius untuk menjadikan Air Terjun Sepletuk sebagai objek wisata yang ada di Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati.

Keseriusan pemerintah desa dapat dilihat dari dibukanya akses jalan menuju lokasi air tejun, serta keterlibatan masyarakat dalam peran serta sebagai pemandu untuk membantu pengunjung yang ingin menuju ke lokasi air terjun.

Di sekitar lokasi juga dibangun semacam dam atau bendungan yang digunakan untuk menampung air sekaligus mempercantik lingkungan air terjun. Berdasarkan penelusuran Solopos.com ke berbagai sumber, Surga yang  ada di Kecamatan Cluwak ini bisa diakses melalui Jl. Tayu-Jepara.

Baca Juga : Mitos Tembus Pantai Selatan dari Gua Pancur Pati Terpatahkan

Dari arah Tayu, sampai pertigaan SMP Negeri 1 Cluwak, belok kiri sampai masuk Desa Sentul. Setelah sampai di Desa Sentul, pengunjung akan melintasi hutan dan perbukitan sampai akhirnya sampai di lokasi air terjun.

Dari pusat kota pati, jarak yang ditempuh untuk menuju ke lokasi air terjun yang ada di Desa Sentul, Kecamatan Sluwak, sekitar 30 km yang bisa ditempuh selama kurang dari 1 jam menggunakan kendaraan pribadi.

Air terjun ini tepatnya berada di perbukitan Gunung  Wungkal. Keindahaan dari air terjun ini salah satunya karena belum banyak terjamah sehingga masih terlihat indah dan asri. Seiring dikelolanya kawasan ini, maka Air Terjun Sepletuk bisa menjadi alternatif wisata Kabupaten Pati yang menjanjikan karena berada di tempat yang sangat eksotis.


Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago