SOLOPOS.COM - Air Terjun Monthel, Makam Sunan Muria, Kabupaten Kudus (Instagram/@explorekudus)

Solopos.com, KUDUS — Air terjun Montel merupakan destinasi wisata alam di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah yang lokasinya di sebelah utara makam Sunan Muria. Objek wisata ini tepatnya berada di Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kudus.

Dilansir dari Scrib.com, Selasa (19/4/2022), air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan suhu rata-rata 18 hingga 20 derajat celcius. Dengan suhu tersebut, dipastikan pengunjung akan merasakan udara yang sejuk dan menyegarkan, di tambah dengan cipratan air terjun yang segar akan menambah sensasi seru saat berkunjung ke destinasi wisata ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di objek wisata ini, pengunjung bisa menikmati wahana air yang menyegarkan dan dijamin segala rasa lelah akan terobati dan terbayarkan. Obyek wisata ini juga menyediakan fasilitas berupa kamar ganti, kamar mandi, dan juga tempat makan.

Baca juga: Sejarah Djarum, Tambang Emas di Kudus Kota Kretek

Sunan Muria Diintip Saat Mandi

Sementara itu, dilansir dari berbagai sumber, ada kisah menarik di balik penamaan Air Terjun Monthel ini yang berkaitan dengan kisah Sunan Muria. Konon, saat menyebarkan agama Islam di kawasan Muria terseut, Sunan Muria menyempatkan diri untuk rehat  sejenak dan mandi.

Namun, ada seseorang yang mengintip Sunan Muria saat sedang mandi. Mengintip ini dalam bahasa setempat disebut ngonthel-ngonthel, hingga akhirnya nama air terjun tersebut dimanakan Air Terjun Monthel. Cerita ini berkembang di kalangan masyarakat setempat yang sudah diceritakan secara turun temurun.

Tempat wisata ini berjarak sekitar 18 km dari pusat Kota Kudus dan bisa ditempuh kurang lebih 30 menit. Rute untuk menuju lokasi juga mudah di mana pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Pengunjung yang masuk ke lokasi dengan kendaraan pribadi akan dikenakan biaya retribusi saat memasuki pintu gerbang Wisata Colo.

Baca juga: Alternatif Mudik, Ini Fakta Unik Jalan Lingkar Brebes-Tegal

Saat sudah sampai dari Masjid dan Makam Sunan Muria atau Terminal Wisata Colo, pengunjung masih harus menempuh sekitar 30 menit lagi untuk menuju lokasi air terjun Monthel dengan berjalan kaki.

Pengunjung juga bisa menggunakan ojek wisata yang sudah siap berada di Terminal Wisata Colo. Sebelumnya, pengunjung harus membayar tiket masuk terlebih dahulu saat berada di Pintu Gerbang menuju Air terjun Monthel. Harga tiket masuknya sebesar Rp7000 per orang.

Rasa lelah menyusuri rute menuju lokasi air terjun akan terbayarkan dengan keindahan dan suasana yang sanghat mengasinkan dengan air terjun yang bagus dan air segar sehingga bisa menghilangkan dan rasa lelah sesudah perjalanan jauh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya