SOLOPOS.COM - Air terjun Jumog yang terletak di Karanganyar (JIBI/Harian Jogja/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, KARANGANYAR – Bagi Anda yang menyukai wisata alam dengan panorama yang ciamik dan harga murah, air terjun merupakan tujuan yang tepat.

Di Karanganyar, terdapat dua air terjun yang di lereng Gunung Lawu yang  tidak pernah sepi pengunjung. Yakni Grojogan Sewu dan Air Terjun Jumog.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Seperti halnya sejumlah tempat wisata alam lain di Indoneosia yang kental dengan mitos-mitos di belakang, kedua air terjun itu juga memilikinya. Uniknya mitos yang berkembang di air terjun Grojogan Sewu berkebalikan dengan mitos yang ada di air terjun Jumog.

Di Grojogan Sewu, beredar mitos yang menyebutkan apabila terdapat sepasang kekasih yang datang melewati jembatan kayu  di kawasan air terjun itu, maka hubungan mereka tidak akan bertahan lama.

Kemungkinannya putus hubungan di tengah jalan atau bahkan tidak jadi naik ke pelaminan meski kedua pihak telah sepakat untuk menikah.

Baca Juga: Serem! Misteri Deretan Penunggu Grojogan Sewu Karanganyar

Akibat mitos yang telah tersebar luas itulah, jembatan pemisah itu diberi nama Kretek Pegat. Paranormal mengatakan memang terdapat energi pemisah atau pegat yang menyelimuti jembatan tersebut.

misteri Objek Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu
Ribuan pengunjung memadati objek wisata Grojogan Sewu di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (4/5/2022). (Istimewa/Sukarelawan FKMP Tawangmangu)

Tidak jauh dari lokasi Grojogan Sewu, terdapat Air Terjun Jumog. Dilansir laman resmi karanganyarkab.go.id, Air Terjun Jumog dibuka untuk umum sejak tahun 2004. Air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun tetap menyajikan keindahan khas wisata alam.

Konon, setiap pukul sepuluh pagi, muncul pelangi di air terjun tersebut. Berkebalikan dengan Grojogan Sewu, mitos yang beredar terkait Air Terjun Jumog adalah apabila pengunjung yang datang membawa pasangan untuk berlibur kesana, maka nantinya pasangan tersebut akan langgeng.

Baca Juga: Ini Rekomendasi 4 Objek Wisata di Kemuning Karanganyar yang Asyik

Bahkan, jika belum menikah akan segera menikah. Tidak hanya itu, Air Terjun Jumog juga dipercaya mampu menyembuhkan beberapa penyakit.

Apa pun mitosnya hal itu tidak mengurangi fakta bahwa keindahan alam kedua air terjun tidak terbantahkan.

Selain sebagai spot foto liburan, Air Terjun Grojogan Sewu dan Air Terjun Jumog juga dapat sebagai destinasi untuk menyegarkan pikiran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya